Cara Mengecat dengan Kompresor

Sebagai peralatan pneumatik, kompresor dapat memompa udara yang dapat digunakan untuk beragam keperluan di berbagai bidang (cleaning, otomotif). Selain itu kompresor juga dapat digunakan untuk mengecat baik tembok, besi, maupun kayu. Akan tetapi banyak yang lebih memilih metode pengecatan konvensional yang dianggap lebih mudah, meskipun sebenarnya mengecat dengan kompresor lebih cepat. Berikut adalah step by step cara mengecat dengan kompresor yang dapat anda lakukan di rumah sendiri.

(Pengecatan Kayu dengan Kompresor)


1. Tentukan jenis dan banyak cat yang akan digunakan
Gunakan cat sesuai fungsinya, apakah untuk tembok atau untuk kayu atau untuk besi. Kemudian ukur dimensi benda yang hendak dicat (panjang, lebar, tinggi). Konsultasikan dengan ahli cat terkait jumlah dan takaran campuran air atau thinner yang akan digunakan.

(Contoh cat tembok untuk interior rumah)

2. Pilih jenis kompresor sesuai kebutuhan (Listrik/Engine)
Apabila memilih untuk menggunakan kompresor listrik, pastikan listrik dapat meng-cover kebutuhan daya listrik kompresor. Khusus untuk pengecatan indoor tidak disarankan menggunakan kompresor tipe engine terkait sirkulasi udara. Tentukan juga jenis spray gun yang akan digunakan.

(Kompresor Listrik POJATEK)

3. Persiapan seluruh alat yang akan digunakan untuk mengecat
Siapkan peralatan mengecat (kompresor, selang kompresor, spraygun, peralatan mencampur cat, wadah campuran cat, amplas jika diperlukan, koran bekas sebagai alas agar cat tidak berceceran). Siapkan cat dan campuran cat sesuai kebutuhan (dalam kemasan kaleng ataupun ember). Gunakan amplas untuk menghaluskan permukaan benda yang akan dicat, bersihkan permukaan benda dan tunggu sampai kering.

4. Campur cat dengan air atau thinner sesuai kebutuhan
Berdasarkan jenis cat, campur cat dengan takaran yang disarankan. Perhatikan jika menggunakan cat dasar, pilih warna yang lebih cerah untuk warna-warna cerah (kuning, merah muda, biru muda) dan cat dasar gelap sebagai dasar warna gelap (cokelat, biru tua, hijau tua).

5. Gunakan Alat Pelindung Diri (APD)
Gunakan Alat Pelindung Diri seperti masker, sarung tangan, kacamata, untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk perlindungan ekstra disarankan memakai pakaian lengan panjang agar cat tidak mengenai permukaan kulit sehingga dapat menimbulkan iritasi kulit.

(Gunakan APD saat melakukan pengecatan)

6. Menyalakan kompresor
Hubungkan kabel power ke sumber daya, nyalakan kompresor dengan memposisikan saklar ke posisi "on". Sambil menunggu pengisian udara, sambungkan spraygun ke selang kompresor, pastikan selang tersambung dengan baik ke kompresor juga demikian.

7. Masukkan campuran cat ke dalam tabung spraygun
Masukkan campuran cat ke dalam tabung spraygun, pastikan tidak mengisi spraygun terlalu penuh agar tidak terlalu membebani tangan.

8. Buka keran udara kompresor
Buka keran saluran udara kompresor agar kompresor dapat dapat menyalurkan udara melalui selang ke spraygun yang sudah berisi cat. 


9. Sesuaikan pengaturan spraygun
Atur intensitas semburan cat yang keluar dari spraygun, perlu angin yang kencang atau tidak terlalu kencang, kemudian tentukan mode penyemprotan terpusat atau menyebar. Percobaan dapat dilakukan agar dapat menentukan setelan spraygun terbaik untuk mengecat dengan lebih nyaman.

10. Mulai proses pengecatan dengan kompresor
Mulai menyemprotkan cat dengan menekan tuas spraygun, usahakan menyemprot cat secara vertikal atau horisontal, salah satu saja. Beri jarak agar partikel cat tidak menggumpal jika disemprotkan terlalu dekat, atau kurang merata apabila disemprotkan terlalu jauh. Jarak ideal biasanya 15cm tergantung kepekatan cat. Setelah selesai jangan lupa untuk membersihkan sisa cat pada spraygun dengan thinner agar tidak menyumbat spraygun.

(Pengecatan besi menggunakan kompresor)

POJATEK menyewakan kompresor untuk pengecatan dan berbagai kebutuhan lainnya dengan harga yang terjangkau. Untuk video tutorial pengecatan dengan kompresor secara lengkap dapat dilihat juga pada link video berikut ini:



Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!



Comments

Popular posts from this blog

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng