Berbagai Jenis dan Bermacam Bentuk Mata Profil/Router/Trimer Kayu

Mesin profil atau juga sering disebut dengan mesin trimer merupakan alat yang digunakan untuk pembuatan profiling pada kayu, agar mendapatkan bentuk sesuai yang diinginkan. Mesin profil kayu ini dapat digunakan untuk bagian sisi samping kayu maupun pada bagian tengah kayu.

(Mesin Router Kayu)

Sebelum terdapat mesin profil, pengrajin kayu biasanya masih menggunakan cara manual untuk membuat profiling kayu. Dengan cara manual pastinya pengrajin kayu membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pembentukan pada kayu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan keinginan. Terkadang pengrajin kesusahan karena proses manual tidak dapat menghasilkan bentuk yang sama dan serasi. 

(Metode pengerjaan kayu tradisional)

Dengan adanya mesin ini pastinya sangat membantu para pengrajin kayu maupun mebel pembuatan meja, kursi maupun pintu, karena selain mempermudah dan mempercepat waktu pekerjaan hasil yang diberikan saat pembentukan kayu benar benar cukup serasi, hanya perlu memahami cara yang benar saat menggunakan mesin profil kayu. 

Tonton juga: Apa itu Mesin Profil Kayu

Selain memahami cara yang benar saat menggunakan mesin profil kayu, kita juga perlu mengerti berbagai macam jenis mata dari mesin profil, karena untuk melakukan pembentukan pada kerajinan terdapat berbagai macam bentuk yang harus dilakukan,

(Mata Profil Kayu, sumber gambar: Master Tukang)

Jenis dari mata profil kayu memang begitu sangat banyak, mata dapat dipilih dengan sesuai kegunaanya masing masing. Fungsi dari setiap mata profil disesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan kegunaan masing masing bentuk profil kayu. Ukuran juga berbeda beda terdapat ada yang ukuran kecil sampai ukuran paling besar. 



Berikut 4 jenis mesin profil kayu sebagai referensi untuk menentukan pilihan berdasarkan dengan pekerjaan yang dilakukan : 

1. Mata Profil untuk pekerjaan Jointing (Menyambungkan)

(Contoh mata profil kayu dengan jenis jointing)

Mata jointing ini merupakan mata profil yang digunakan untuk membuat permukaan kayu yang dapat digabungkan dari kayu satu dengan kayu lainya, biasanya mata ini digunakan untuk mengurangi penggunaan paku pada sebuah kerajinan kayu, tetapi sekarang ini juga sudah banyak meja ataupun kursi yang menggunakan cara ini agar terlihat kesan yang lebih asli.

2. Mata Profil untuk Pembuatan Pintu 

(Contoh mata profil yang sering digunakan untuk pembuatan pintu)

Mata profil tertentu dipilih untuk pembuatan pintu digunakan untuk pembuatan ukiran pada pintu agar lebih memiliki tekstur yang indah untuk dilihat. Jenis mata profil untuk pembuatan pintu ini juga memiliki banyak sekali ragam ujuang dan kedalaman lekukan. 

3. Mata Profil untuk pembuatan Slotting

Mata profil untuk pembuatan sloting merupakan mata yang digunakan untuk pembuatan slot pada kayu. Ada berbagai macam slot yang dapat dibentuk sesuai dengan bentuk mata profil, berikut contoh mata profil untuk pembuatan slotting

(contoh mata profil untuk pembuatan slotting)

4. Mata Profil untuk pembuatan Panel

Mata jenis profil ini digunakan untuk pembuatan panel pada kayu, biasanya digunakan pada kerajinan kayu ataupun jenis lainya. Biasanya terletak pada bagian pinggiran kayu, berikut beberapa jenis mata untuk pembuatan panel : 

(contoh mata profil untuk pembuatan panel)

Mesin profil kayu memang memiliki banyak sekali jenis mata, dari perbendaan bentuk sampai ukuran setiap jenis matanya. Pastinya setiap jenis mata memiliki fungsi dan kegunaanya masing masing. Tetapi saat ingin melakukan proses profiling pada kayu kita juga membutuhkan mesin profil untuk menggerakan berbagai mata diatas, dengan itu apabila kalian membutuhkan mesin profil POJATEK menyewakan mesin profil dengan harga yang terjangkau. Berikut daftar harga sewa mesin profil kayu/Router/Trimmer di POJATEK: 

(Harga sewa mesin profil kayu POJATEK)

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di Facebook, Twitter, Instagram dengan nama “POJATEK” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait disk on harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!


Sumber : https://www.builder.id/aneka-jenis-mata-router-dan-berbagai-bentuk-mata-profil-kayu/


Comments

Popular Posts

Segregasi pada Beton Cor : Jenis, Penyebab Segregasi dan Solusi

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA