Tips Desain Interior Dapur Idaman 2018


Dapur merupakan ruangan yang sangat penting di setiap rumah, karena di dapurlah kita bisa berekspresi membuat berbagai macam masakan untuk disantap bersama keluarga. Untuk membuat dapur impian sendiri tentunya harus mempertimbangkan berbagai hal. Di bawah ini akan dijelaskan hal – hal apa saja yang harus diperhatikan ketika akan merancang ruang dapur.

(Kitchen Design Idea)


Sebenarnya ada beberapa jenis dapur dan setiap jenisnya mempunyai fungsi yang berbeda. Nah, sebelum kita mulai mendesain dapur, tentukan dahulu fungsi dapur yang akan kita pakai. Jika dilihat dari fungsinya, dapur terbagi menjadi 5 area yakni:


·       Area Penyimpanan

Area ini digunakan untuk meletakkan panci dan alat-alat masak lainnya agar tersimpan rapi dan mudah untuk mencarinya ketika akan digunakan.

·       Area Pantry

Area pantry digunakan untuk menyimpan bahan makanan, termasuk makanan kalengan, sayur – sayuran, bumbu dan yang lainnya. Selain itu juga untuk menempatkan kulkas.

·       Area Persiapan

Area persiapan adalah area untuk mempersiapkan segala sesuatu sebelum memasak.

·       Area Memasak

Area ini adalah area utama untuk memasak, biasanya yang diletakkan disini adalah kompor dan oven.

·       Area Cuci

Area cuci digunakan untuk membersihkan peralatan masak setelah digunakan.


Selain menentukan area dapur, Anda juga harus menentukan tipe kitchen set Anda, apakah akan berbentuk linear, bentuk L atau bentuk U. Semuanya disesuaikan dengan pola kerja Anda. Bila Anda kesulitan dalam menentukan desain, berkonsultasilah dengan desainer interior.

(Kitchen type U)


Hal lain yang tak kalah penting adalah menentukan bahan yang akan digunakan. Pada umumnya bahan – bahan yang digunakan untuk membuat kabinet pada dapur adalah:

Kayu lapis (Plywood)

Seperti yang kita tahu bahwa plywood merupakan hasil penggabungan beberapa lapis kayu menjadi satu. Kita mengenal istilah tripleks dan multipleks. Tripleks terdiri dari 3 lapis kayu, sedangkan multipleks terdiri dari beberapa lapis. Terdapat dua jenis plywood yakni polos dan bermotif. Plywood polos mempunyai permukaan yang dilapisi melaminto, yakni lapisan anti air. Sedangkan plywood bermotif mempunyai pola seperti kayu jati dan sungkai. Untuk masalah harga tentunya plywood lebih murah dibanding kayu solid biasa.

Kayu Solid

Kayu solid memang mempunyai banyak keunggulan yakni, mempunyai keindahan yang khas, lebih kokoh, dan relatif mudah untuk dibentuk. Namun saat ini jumlah kayu solid semakin terbatas sehingga harga kayu solid relatif mahal. Selain itu kayu solid tidak tahan rayap.

MDF (Medium Density Fiberboard)

Medium Density Fiberboard atau MDF merupakan kayu buatan yang tersusun dari serbuk kayu halus yang dipadatkan. Tekstur dari kayu ini lebih halus  dan tidak berpori. Kelebihan lain dari MDF adalah harganya lebih murah karena berasal dari serbuk kayu sisa, presisi ketebalan materialnya bagus, dan mudah untuk langsung dilakukan finishing misalnya di cat. Sedangkan kekurangan dari MDF adalah tidak tahan  terhadap air, mengandung bahan kimia, serta lebih mudah patah.

(MDF Kitchen Cabinet)

Setelah memilih bahan yang digunakan untuk membuat kabinet, sekarang kita menentukan bahan untuk permukaan atas kabinet, misalkan:

Batu Alam

Jenis batu alam yang sering digunakan sebagai pelapis permukaan atas kabinet adalah batu quartz, granit, dan marmer. Selain mempunyai motif alami yang indah, batu alam juga kuat dan tidak mudah terkikis. Disamping itu batu alam mempunyai kekurangan yakni berat, sulit dibersihkan ketika terkena noda dan jika sambungannya tidak pas hasilnya akan terlihat jelek.

Laminate

Laminate merupakan lembaran tipis yang ditempel dengan menggunakan tekanan tinggi. Penggunaan bahan laminate sangat praktis,  ringan dan pastinya murah. Namun dalam penggunaan sehari – hari, bahan ini mudah terkelupas jika terkena sedikit goresan saja. Selain itu bahan ini juga sangat rapuh karena bukan terbuat dari kayu asli. 

Adapun keputusan terakhir tetap berada ada di tangan anda, dengan mempertimbangkan luas ruangan, kebutuhan perangkat dan lain-lain. Pokoh Jaya Teknik menyediakan alat-alat teknik yang dapat digunakan untuk membantu anda merancang dapur impian anda, seperti Circular Saw, Sander, Core Drill, Jack Hammer, dan sebagainya. Hubungi kami di (085643366644) atau datang ke lokasi sesuai dengan petunjuk Google Map untuk pemesanan dan konsultasi lebih lanjut.

Pokoh Jaya Teknik - Help Your Work!







Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng