Bekerja Selagi Puasa? Bukan Masalah!



Bulan Ramadhan kembali datang menjumpai kita, bulan yang menjadi sakral bagi umat muslim di seluruh dunia untuk menjalankan ibadah puasa disertai dengan ibadah lainnya untuk menyambut hari raya Idul Fitri yang akan datang, dengan harapan instropeksi dan membersihkan diri dari segala pikiran dan perbuatan yang bercela. Berpuasa adalah wajib untuk menekan kehendak manusiawi dan membuat kita lebih peka terhadap nilai-nilai kerohanian.



 Dijalankan dalam sebulan penuh, ibadah puasa terkadang membuat sebagian orang menjadi malas untuk beraktivitas, karena tubuh kurang mendapat asupan nutrisi dari makanan di siang hari  seperti pada hari-hari biasanya. Meskipun demikian berpuasa seharusnya tidak mengurangi semangat dalam bekerja, baik itu pekerjaan ringan maupun yang disebut berat karena memerlukan banyak aktivitas fisik. Bagi Anda yang setiap harinya bekerja duduk di  depan komputer, mungkin tidak merasa terlalu lelah, namun bagi anda yang merupakan pekerja dalam proyek bangunan dan pekerjaan lainnya yang melibatkan aktivitas fisik yang cukup tinggi, bekerja di saat puasa memang bisa dibilang melelahkan. Energi yang ada di dalam tubuh lebih cepat terkuras, sedangkan saat siang hari tidak mendapat asupan makanan yang menjadi tambahan tenaga. Walaupun demikian, puasa hendaknya tidak menjadi penghambat anda dalam bekerja, dan memberikan yang terbaik dalam setiap usaha. 



Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendukung pekerjaan kita tetap berjalan dengan baik selama bulan puasa

  1.  Waktu yang tepat ketika sahur adalah di saat – saat terakhir menjelang imsak. Selain disarankan secara agama, menyantap sahur menjelang waktu imsak, yakni waktu batasan awal mulai berpuasa, akan membuat stamina bertambah karena akan memberikan cadangan makanan  yang dapat bertahan lebih lama di siang hari.
  2. Agar stamina tetap terjaga, buat jadwal prioritas kegiatan dengan tujuan pekerjaan dapat diselesaikan se-efektif dan se-efisien mungkin dalam waktu yang telah ditentukan.
  3. Perbanyak minum air putih ketika sahur dan berbuka agar tubuh mendapat cairan yang cukup untuk meningkatkan stamina dan mencegah dehidrasi. Selain itu banyak minum air putih adalah pilihan terbaik untuk mencegah rasa lemas dan lesu saat puasa.
  4. Bulatkan tekad dan niatkan setiap pekerjaan yang dilakukan tidak sekedar oleh karena perintah namun juga merupakan ibadah, dengan begitu apapun yang dikerjakan akan terasa ringan dan tidak merasa terbeban.
  5. Segera berbuka setelah waktunya tiba adalah hal yang juga disarankan selain mengakhirkan waktu makan sahur. Dengan menyegerakan berbuka tentu akan mengurangi resiko dehidrasi atau kelaparan yang berlebihan, sehingga stamina tubuh akan lebih cepat kembali pulih dan siap menjalankan ibadah / aktivitas yang lain.
  6. Gunakan waktu luang anda di sela – sela pekerjaan untuk beristirahat. Anda bisa gunakan waktu 15 – 20 menit untuk tidur selama waktu istirahat yang telah diberikan, hal ini bisa membuat anda segar dan setelah bangun dan siap beraktivitas kembali.
  7. Lakukan olahraga ringan di pagi hari. Banyak yang menganggap berolahraga tidak tepat dilakukan saat puasa. Jutru dengan tetap rutin berolahraga, Anda bisa menjaga daya tahan tubuh tetap baik di saat puasa. Untuk itu cobalah tetap melakukan olahraga ringan yang disesuaikan dengan waktu dan jenis olahraga yang cocok dilakukan saat puasa.


Semoga ibadah puasa anda dapat berjalan lancar dengan penuh pahala tanpa meninggalkan kewajiban bekerja. Semangat Ramadhan hendaknya membawa damai sukacita dan perdamaian bagi kita semua

 Pokoh Jaya Teknik menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di Facebook, Twitter, Instagram “Pokoh Jaya Teknik” untuk info-info menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik – Help Your Work!

Comments

  1. Sidang Isbat Digelar 12 April untuk Tentukan Awal Puasa 1442 HBaca Selengkapnya..

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng