Konsumsi Vitamin untuk menjaga Daya Tahan Tubuh di masa New Normal

Statistik data penyebaran COVID19 di Indonesia terlihat sudah menurun, akan tetapi jumlah pasien positif COVID19 masih terus bertambah dengan jumlah kematian yang menurun dibadingkan angka kesembuhan pasien. Oleh sebab banyaknya perubahan positif, banyak pusat perbelanjaan maupun kantor-kantor yang mulai beroperasi secara terbatas. Dengan dilonggarkannya aturan PSBB, kita perlu memahami bahwa keadaan memang sudah membaik, namun  kita tetap perlu menjaga Kesehatan dan kebersihan lingkungan. Mengingat vaksin dari virus Corona ini belum ditemukan, peluang tertinggi untuk kita dapat bertahan adalah dengan menjaga daya tahan tubuh atau memelihara imunitas tubuh kita dengan baik.

Public Health Emergency (photo by: qld.gov.au)

Di bulan-bulan awal COVID19 naik status menjadi pandemi, terjadi lonjakan harga yang tinggi terhadap harga alat-alat Kesehatan seperti masker, thermometer infrared, hand sanitizer dan berbagai vitamin, utamanya vitamin C yang dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh dengan efektif. Banyaknya permintaan atas produk vitamin, merupakan penyebab utama kenaikan harga-harga vitamin. Mari kita lihat peran dan fungsi vitamin bagi tubuh manusia, serta sumber-sumber vitamin yang diperlukan tubuh selain dari produk suplemen siap konsumsi.

 

Jenis - Jenis Vitamin

Macam-Macam Vitamin (photoby:Alodokter.com)

-    Vitamin A

-       Vitamin A dikenal sebagai vitamin yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata, kemampuan mata untuk melihat obyek secara jelas atau tidak buram dan berbayang, dan kemampuan membedakan warna. Vitamin A dapat diperoleh dari wortel, brokoli, kangkong, bayam, ubi jalar, labu, keju, telur, hati, minyak ikan cod, blewah, apricot, serta susu. Jenis vitamin ini mudah larut dalam lemak, sehingga jika dikonsumsi dengan makanan berlemak, akan mudah diserap tubuh.

         -   Vitamin B

Vitamin B (Halodoc.com)

Ada beberapa jenis vitamin B yang bermanfaat untuk kesehatan kita, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12

Vitamin B1 berfungsi untuk membantu tubuh mengolah karbohidrat menjadi energi, dapat diperoleh dalam beras merah, kembang kol, telur, biji bunga matahari, asparagus maupun kale.

Vitamin B2 (riboflavin) berfungsi untuk membantu pemecahan lemak, protein dan karbohdrat agar lebih mudah diserap tubuh. Vitamin B2 dapat diperoleh dari susu, daging, keju, telur, dan yang sejenisnya.

Vitamin B3 (niacin) berfungsi membantu sel-sel tubuh membantu penyerapan nutrisi dari makanan, yang dapat diperoleh dari daging, ikan, ayam, kacang-kacangan, dan sari ragi.

Vitamin B5 (asam pantotenat) merupakan vitamin yang berperan membantu proses pembentukan sel darah dan mengubah asupan makanan menjadi energi bagi tubuh. Vitamin B5 dapat diperoleh dari berbagai jenis sayuran seperti brokoli, kubis, ubi, jamur, dan lain sebagainya.

Vitamin B6 berperan aktif membantu pengolahan protein menjadi energi dan produksi sel darah merah, vitamin B6 dapat diperoleh dari daging, ikan, makanan gandum dan kacang-kacangan.

Vitamin B7 (biotin) berperan sebagai pemecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan gula. Sumber vitamin B7 adalah wortel, hati, sereal, salmon dan pisang.

Vitamin B9 (asam folat) sangat disarankan untuk ibu hami untuk Kesehatan janin dan meminimalkan resiko terjadi kelainan pada janin. Beberapa sumber asam folat adalah asparagus, kacang polong, brokoli, sereal dan bayam.

Vitamin B12 (cobalamin) membantu produksi sel darah merah untuk mencegah terjadinya anemia, gangguan penglihatan dan kelelahan (fatigue). Vitamin B12 dapat diperoleh dari berbagai olahan makanan hewani seperti daging, ikan, telur, susu.

 -          Vitamin C

Vitamin C menjadi prioritas pencarian di berbagai apotik dan toko alat kesehatan lainnya. Vitamin C sebenarnya berfungi untuk membantu produksi kolagen yang diperlukan tubuh untuk regenerasi sel, kulit, tulang dan gigi. Vitamin C dapat diperoleh dari berbagai jenis buah dan sayur seperti jeruk, stroberi, cabai, brokoli.

 -          Vitamin D

Vitamin D membantu penyerapan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan membantu system imun guna melawan infeksi. Vitamin D diperoleh tubuh Ketika kulit menerima paparan sinar matahari secara langsung, dalam bentuk konsumsi dapat juga diperoleh dari minyak ikan, kuning telur, mentega.

 -          Vitamin E

Vitamin E (photo by: nutritioninsight.com)

Vitamin E merupakan antioksidan yang diperlukan tubuh untuk melindungi sel-sel dari kerusakan, juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin E dapat diperoleh dari minyak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa sawit, dan berbagai sayur dan buah seperti brokoli, bayam, dan kacang-kacangan.


Vitamin yang diperlukan tubuh untuk menjaga daya tahan (system imun) sebenarnya dapat diperoleh tidak hanya dari suplemen, melainkan dari konsumsi makanan dengan kadungan nutrisi yang tepat dalam jumlah yang disarankan. Oleh karena itu panic-buying yang menyebabkan kelangkaan suplemen kesehatan dan meroketnya harga suplemen kesehatan dapat kita hindari. Konsumsi vitamin jenis tertentu dalam jumlah berlebihan juga tidak disarankan karena dapat menimbulkan gangguan fungsi organ tertentu.

Statistik Perkembangan COVID19 (photo by: https://web.facebook.com/KementerianKesehatanRI)


Menjaga kebersihan lingkungan juga sama pentingnya untuk mencegah infeksi berbagai virus dan bakteri berbahaya masuk ke dalam tubuh. Berolahaga teratur dan istirahat cukup membantu badan kita memperoleh pola hidup sehat yang seimbang. Meskipun skema new-normal sudah dipersiapkan, alangkah baiknya masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah setempat, mengingat tingginya jumlah pasien COVID19 yang terus bertambah dan vaksin Corona Virus belum ditemukan.

Sumber:

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (https://www.covid19.go.id)

Alodokter (https://www.alodokter.com/macam-macam-vitamin-beserta-manfaatnya)

Halodoc (https://www.halodoc.com/apa-saja-manfaat-vitamin-b-bagi-tubuh-)

Hellosehat (https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/sumber-vitamin-dan-mineral-pada-makanan-anak-anda/)

SehatQ (https://www.sehatq.com/artikel/sumber-vitamin-b-untuk-penuhi-kebutuhan-nutrisi-anda)


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!


Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng