Jenis Mata Bor untuk Pengerjaan Kayu - Besi - Beton - Kaca

 Mata Bor merupakan salah satu komponen penting dalam melakukan pekerjaan pengeboran kayu, beton, besi, logam dan lain sebagainya. Pemilihan mata bor yang tepat akan mendukung pekerjaan untuk dapat selesai lebih cepat, dan sebaliknya pemilihan mata bor yang keliru hanya akan memperlambat pekerjaan bahkan dapat menimbulkan berbagai kerugian. Pada dasarnya jenis mata bor dibagi menjadi dua klasifikasi, menurut bahan penyusunnya ataupun menurut fungsinya.

(Mata Bor untuk pengerjaan kayu)


A.     Jenis mata bor menurut bahan penyusunnya

(Berbagai jenis mata bor)


Soft Low Carbon Steel - Baja

Mata Bor yang paling umum digunakan dan dijumpai di toko bangunan, dan merupakan jenis mata bor yang harganya paling murah. Biasa digunakan untuk triplek atau jenis kayu yang tidak terlalu keras, karena cepat tumpul, mata bor ini harus sering diasah.

High Carbon Steel - Baja

Mata Bor yang dapat digunakan untuk mengerjakan kayu atau besi karena lebih kuat daripada soft low carbon steel.

High Speed Steel (HSS) – Baja

Mata bor dengan struktur yang sangat keras dan tahan panas sehingga dapat digunakan pada beberapa material seperti kayu, besi dan logam

Cobalt Steel Aloy

Mata bor dengan kandungan cobalt yang lebih banyak daripada high speed steel sehingga memiliki struktur yang lebih kuat.

 

B.      Jenis mata bor menurut fungsinya

 

1.      Mata Bor Universal

Jenis-jenis mata bor yang dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai jenis material baik kayu, besi, plastik secara umum. Meski demikian, penggunaan sesuai jenis pekerjaan akan lebih efisien untuk mempersingkat waktu dan akurasi mata bor.

 

a. Twist Drill Bit

(Twist Bit)

Twist Bit atau Jobber atau Spiralbohrer merupakan mata bor yang paling umum digunakan dengan bor tangan maupun bor duduk, untuk membuat lubang dari posisi vertical maupun horizontal. Mata bor ini banyak ditemui di toko bangunan dari ukuran 4mm – 12 mm.

 

b. Hole Saw Bit

(Holesaw Bit)

Mata Bor Hole Saw Bit sering disebut juga sebagai gergaji lubang dengan bagian runcing pada poros dikelilingi dengan cangkang besi yang dapat membuat lubang dengan diameter yang dapat disesuaikan.

 

c. Unibit atau Step Drill Bit

(Mata Bor Uni Bit)

Mata bor ini berbentuk mengerucut dengan lapisan luar yang bertingkat seperti candi. Mata bor ini bisa digunakan untuk membuat lubang dengan berbagai jenis ukuran pada lembaran metal maupun instalasi material yang lebih lembut seperti plywood, particle board, acrylic dan plastik laminasi.

 

2.      Bor Kayu

Jenis-jenis mata bor yang digunakan untuk mengerjakan berbagai jenis kayu adalah sebagai berikut:

a. Brad Point Bit

(Mata Bor Spur)

Mata bor yang paling sering ditemui untuk pekerjaan pengeboran kayu, dengan harga yang lebih murah di antara mata bor lain pada umumnya. Ciri khas dari mata bor ini adalah ujung yang runcing dan tajam pada bagian tengahnya.

 

Wood Spade Bit

(Mata Bor Wood Spade/ Flat Bit)

Mata bor ini sering disebut juga sebagai mata bor kipas dengan bentuk pipih di bagian kepalanya dan ujung yang meruncing tajam. Mata bor ini digunakan untuk pengeboran aneka jenis kayu dan material lunak lainnya. Mata bor ini biasa dapat digunakan dengan mesin bor tangan manual putaran rendah.

Forstner Bit

(Mata Bor Forstner)

Mata bor fortsner digunakan untuk membuat lubang pada kayu tebal karena bentuknya dilengkapi dengan cutter spiral. Mata bor ini digunakan dengan menggunakan mesin bor duduk karena getaran yang sangat kuat dan menyebabkan ketidakstabilan jika diguanakan dengan bor tangan.

Auger Bit

(Mata Bor Auger)

Mata Bor Auger digunakan untuk mengerjakan kayu yang tebal dan keras karena didesain dapat menembus ketebalan kayu dengan tekanan yang dihasilkan putaran mata bor, juga dapat membantu membersihkan atau mengangkat sisa ampas kayu pada lubang yang sudah dibor lewat sela-sela spiral. Mata bor ini digunakan untuk mesin bor dengan putaran rendah.

 

3.      Bor Beton

Jenis-jenis mata bor yang digunakan untuk pengerjaan pada dinding beton adalah sebagai berikut:

a. Core Drill Bit

(Mata Coring)

Core drill merupakan mata bor pada mesin bor khusus yaitu mesin coring, untuk mengambil sample beton pada pra-pengeboran dan finishing sebelum pengeboran. Core drill bit memiliki diameter yang cukup besar dengan 3 atau 4 alur tanpa mata pisau yang runcing di bagian tengah mata bor. Baca lebih lanjut tentang mesin coring pada artikel berikut ini:

 

Sewa atauRental Mesin Coring (Core Drill/ Diamond Core Drill) di POJATEK (Melayani AreaJogja, Jawa Tengah, dan sekitarnya)

Tonton juga video penggunaan mesin coring di channel YouTube POJATEK:

b. Masonry Bit

(Mata Bor Masonry)

Mata bor ini biasa digunakan untuk membuat lubang pada tembok beton atau batu. Ujung mata bor yang sangat keras, didesain untuk dapat berputar mendorong sambal memukul beton, kira-kira sampai dengan diameter 15mm.

 

4.      Bor Besi atau Logam

Jenis mata bor yang cocok digunakan untuk mengerjakan besi atau logam dan yang sejenisnya adalah sebagai berikut:

a. Mata Bor Besi HSS

(Mata Bor HSS)

Mata Bor High Speed Steel dapat digunakan untuk melubangi besi, namun mata bor HSS Co lebih kuat karena dilapisi dengan cobalt. Mata bor ini dapat digunakan pada mesin bor duduk maupun bor tangan.

 

b. Spotting Drill Bit

(Mata Bor Spotting)

Mata bor ini digunakan untuk melubangi besi/metal/logam karena menghasilkan presisi lubang yang tepat dan tidak pudah hancur karena retak di tepian. Mata bor ini digunakan pada sudut 90 derajat dengan permukaan yang hendak dibor.

 

c. Center Drill Bit

(Mata Bor Center)

Disebut juga sebagai mata bor slocombe untuk membuat lubang berukuran cukup lebar atau membentuk lubang kerucut pada besi/metal/logam lainnya. Mata bor ini biasa digunakan untuk fisnishing setelah menggunakan Spotting Drill Bit.

 

5.      Bor Kaca

Selain kayu, besi, atau beton, mesin bor dapat digunakan untuk melubangi kaca dengan mata bor sebagai berikut:

Mata Bor Tombak

(Mata Bor Tombak)

Mata bor ini memiliki bentuk panjang dengan ujung yang runcing mirip seperti tombak dan sangat keras, sehingga cocok untuk mengerjakan material seperti kaca, keramik, atau porselen. Mata bor ini digunakan dengan mesin bor yang berputaran rendah dengan pelumas yang harus sering diaplikasikan.

Kesimpulan

Ada bermacam-macam jenis mata bor yang tersedia di pasaran, oleh karena itu sebelum memilih mata bor pastikan and mengenali target yaitu material apa yang akan dikerjakan, meskipun ada jenis mata bor yang dapat digunakan secara multi fungsi akan lebih baik untuk memilih mata bor sesuai target agar pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Pastikan juga panjang atau ketebalan dari target, kemudian ukur diameter lubang yang hendak dibuat pada target sekaligus bentuk yang diharapkan.

 

Sumber :

Monotaro  https://www.monotaro.id/

Healthy Handyman  https://healthyhandyman.com/

DIYdata https://www.diydata.com/tool/drillbits/drillbits.php

Teknikmart https://www.teknikmart.com/blog/jenis-mata-bor-dan-fungsinya/


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!


Comments

  1. Sedang mencari jual besi beton. kami menyediakan besi beton beragam jenis dan ukuran
    Mulai besi beton ulir dan besi beton polos

    ReplyDelete

Post a comment

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng