Pemilihan Batu Alam Flagstone untuk Hunian Tropis

Flagstone merupakan batuan sendimen yang terbentuk dari endapan lapisan batuan yang  dalam tekanan dan suhu rendah yang mengeras (seperti pada batuan di kali atau bawah air). Batu-batu flagstone biasanya berbentuk datar dan besar dengan ketebalan 1-3 inch, dengan bentuk yang tidak beraturan. Batuan jenis ini biasanya menjadi jenis batu alam yang banyak diminati untuk pembuatan teras outdoor, taman, jalan setapak, dan yang sejenisnya. Tekstur nya yang keras dan kasar menjadikan permukaannya tidak selip sehingga aman digunakan sebagai tempat pijakan saat hujan atau permukaannya basah.

Flagstone Pation (photo by: www.recognizealeader.com) 

Selain diaplikasikan untuk lantai outdoor, Flagstone atau ubin berbatu saat ini sudah banyak dipakai untuk hiasan interior rumah. Tidak hanya unik, pemakaian Flagstone juga dapat mempercantik tampilan karena akan membuat suasana menjadi lebih alami dan lebih menyatu ke alam. Selain memperindah tampilan rumah, flagstone juga berfungsi sebagai resapan air yang dapat mengurangi genangan air. 

Aplikasi Flagstone untuk interior indoor (photo by: pinterest.com)


Ada beberapa hal yang dapat menjadi bantuan pertimbangan anda ketika memilih material Flagstone untuk hunian anda, yaitu:

  • Pilih flagstone yang tersedia dalam berbagai macam ukuran dan bentuk supaya tidak kesulitan untuk mencocokkan desain dengan instalasi flagstone
  • Bagian permukaan flagstone yang mengkilap (glitter) dapat hilang seiring waktu pemakaian
  • Pilihan warna flagstone yang terang dapat memunculkan kesan lebih lembut dengan perpaduan yang lebih mudah ditata daripada warna lainnya
  • Tanyakan hasil uji ketahanan dari material flagstone selama beberapa periode waktu tertentu
  • Warna flagstone yang gelap pada daerah dengan kandungan mineral yang tinggi lebih rentan terhadap pengkapuran

Bagaimana jika hendak memasang flagstone pada intertior maupun outdoor? Berikut merupakan beberapa tips yang dapat mempermudah dalam pemasangan flagstone pada hunian anda.

A.   Tips Memasang Flagstone

  

Pemasangan Flagstone (photo by: Houston Landscape Pros)

1.       Membuat jalur untuk ubin

Sebelum memasang flagstone, buatlah jalurnya terlebih dahulu yang sesuai dengan ukuran serta kebutuhan Anda. Dengan cara tersebut, flagstone akan terpasang dengan kokoh dan tidak mudah rusak.

Flagstone Pavement (photo by: The Spruce)


2.       Meminta bantuan orang yang lebih ahli 

Bagi Anda yang kesulitan memasang flagstone sendiri dan khawatir jika hasilnya kurang maksimal, gunakan saja jasa ahli yang sudah berpengalaman dalam memasang flagstone. Dengan begitu kerusakan akibat kesalahan dalam pemasangan flagstone dapat diminimalisir.

 

Teras Flagstone (photo by: www.mutualmaterials.com)

3.       Ketahui jenis dan ukuran flagstone

Penting untuk mengetahui jenis dan ukuran flagstone sebelum memasangnya karena tidak semua flagstone memiliki ukuran yang cocok dengan luas halaman Anda. Perkirakan luas halaman Anda, baru Anda bisa menentukan ukuran flagstone yang akan dipakai.

 

Halaman dengan flagstone (photo by:pbs.twimg.com)


sumber : 

https://www.landscapingnetwork.com/flagstone/what-is.html

https://id.nctodo.com/flagstone-what-you-need-to-know-before-starting-project

http://blog.citragran.com/content-297-tips-menggunakan-lantai-flagstone-halaman-rumah.html

 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!

 

Comments

Popular Posts

Segregasi pada Beton Cor : Jenis, Penyebab Segregasi dan Solusi

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA