Seputar Genset Bensin vs Genset Diesel

Genset merupakan rangkaian mesin generator yang menghasilkan listrik, biasa digunakan ketika tidak adanya sumber listrik dari PLN (outdoor camping, proyek pembangunan gedung, dan berbagai lokasi yang kesulitan mendapatkan sumber listrik) maupun sebagai cadangan ketika menyelenggarakan kegiatan penting supaya tidak terganggu dengan jadwal pemadaman listrik berkala PLN dalam rangka pemeliharaan rutin. 

Genset Silent


Kali ini kita akan membahas genset berdasarkan jenis bahan bakarnya dan perbandingan kelebihan serta kekurangan pemilihan genset jenis tertentu berdasarkan kebutuhan.

Jenis-Jenis Genset

Jenis Genset berdasarkan bahan bakarnya dibagi menjadi 2 tipe, seperti yang tertulis pada judul yaitu Genset Bensin dan Genset Diesel yang berbahan bakar Solar. Berikut merupakan pembahasan lebih dalam mengenai Genset Bensin dan Genset Diesel.

Genset Bensin

Genset Bensin

Genset Bensin
(Genset Bensin Krisbow)


Genset Bensin adalah Genset yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar yang bercampur dalam karburator serta saluran masuk dan menghasilkan percikan bunga api pada celah busi untuk pembakaran gas atau bensin lalu mengaktifkan mesin genset untuk menghasilkan suplai listrik. Genset dengan bahan bakar bensin biasanya memiliki suara yang lebih halus oleh karena kompresi yang rendah saat proses pembakaran.

Genset Diesel

(Genset Silent Diesel)


Genset Diesel adalah mesin genset yang menggunakan bahan bakar solar, dengan konversi solar menjadi energi mekanik untuk pembakaran. Kompresi udara dengan bahan bakar diproses dalam silinder mulai dari 2 silinder - 6 silinder berdasarkan tipe dari genset diesel.


Perbandingan Kelebihan dan Kelemahan Genset Bensin dan Genset Diesel

Berikut merupakan tabel perbandingan kelebihan dan kelemahan Genset Bensin dengan Genset Diesel

Genset Bensin

Kelebihan

Kelemahan

Suara yang dihasilkan lebih halus

Harga bahan bakar bensin sedikit lebih mahal daripada solar

Performa Horse Power lebih besar daripada tipe diesel

Konsumsi bahan bakar lebih banyak karena Horse Power besar

Harga jual beli lebih terjangkau

Perawatan sparepart lebih banyak

Tersedia dalam beberapa ukuran dan desain sehingga mudah disesuaikan dengan kebutuhan

Resiko bahan bakar bensin mudah terbakar jika tidak hati-hati dalam pengoperasiannya

 

Genset Bensin POJATEK
Genset Bensin POJATEK

Genset Diesel

Kelebihan

Kelemahan

Harga bahan bakar solar lebih murah daripada bensin

Harga beli genset diesel biasanya relatif lebih tinggi daripada genset bensin

Emisi yang dihasilkan lebih ramah lingkungan daripada hasil emisi bensin

Suara yang dihasilkan relatif lebih bising daripada genset bensin (open-type)

Lebih tahan lama untuk suplai listrik dalam kapasitas yang tinggi (> 10 KVa)

Pada cuaca dingin mesin diesel terkadang sulit dioperasikan

Genset Silent 3 Phase
(Genset Silent 3 Phase)


Cara Memilih Genset sesuai kebutuhan

Ada beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam menentukan jenis genset yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

- Pertimbangkan intensitas pemakaian

Pemakaian genset untuk acara-acara event yang biasanya berlangsung dalam jangka pendek, dapat disesuaikan dengan tingkat kebisingan genset. Gunakan genset bensin jika tidak terlalu banyak beban yang perlu diback-up dengan genset. Untuk lebih aman lagi gunakan genset tipe silent yang dilengkapi dengan peredam kebisingan suara mesin. Perhatikan juga rencana anggaran yang dialokasikan untuk listrik, jika tidak terlalu besar lebih baik untuk menyewa daripada membeli, untuk mengurangi anggaran perawatan genset.

Tonton juga Video Cara Mengoperasikan Genset 7200 Watt


- Cari tempat sewa genset yang stock banyak

Pilih tempat persewaan genset dengan stock unit yang cukup banyak dan bervariatif dalam berbagai ukuran untuk berjaga-jaga jika terjadi kerusakan agar tetap bisa memiliki back-up daya listrik yang memadai

- Sewaktu-waktu bisa diambil

Pilih persewaan genset yang dapat diambil sewaktu-waktu, atau setidaknya susun jadwal anda supaya dapat menyiapkan genset tepat waktunya. Untuk pemakaian di malam hari biasanya POJATEK menyarankan unit dapat diambil pada sore hari pada jam kerja.

- Ada jaminan kualitas alat

Persewaan genset yang berkualitas memberikan jaminan kualitas genset tidak trouble di lokasi dan memberikan tips supaya genset dapat digunakan secara maksimal dan efektif. POJATEK memastikan pemeliharaan alat secara rutin dan pengecekan unit genset sebelum alat berangkat dengan penyewa.

Tonton juga : Tutorial Menghubungkan Genset ke listrik rumah



Sumber:

https://www.indotara.co.id/hati-hati-memilih-genset-jangan-yang-asal-murah&id=181.html

https://www.hargen.co.id/kelebihan-dan-kekurangan-genset-bensin-vs-genset-silent-atau-genset-open-diesel/

http://bmj.co.id/tentang-genset/perbedaan-genset-diesel-dan-genset-bensin/


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!

Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng