Mesin Sander, Pengertian, Fungsi, Jenis-Jenis dan Cara Kerjanya

Apa itu Mesin Sander

Mesin sander adalah mesin amplas yang digerakkan dengan daya listrik untuk menghaluskan permukaan benda yang terbuat dari logam, kayu atau beton atau dinding, dengan lebih cepat dan efisien. Material abrasif amplas dapat digunakan untuk meratakan permukaan benda yang tidak rata agar dapat dikerjakan sesuai tujuan pekerjaan.

Mesin Sander
(Random Orbital Sander untuk menghaluskan permukaan kayu, photo by: depositphotos.com)


Fungsi Mesin Sander

Fungsi dari mesin sander adalah untuk menghaluskan permukaan benda (logam, kayu, dinding atau tembok) yang tidak rata seperti amplas pada umumnya agar dapat dilanjutkan untuk pekerjaan selanjutnya sesuai tujuan kerja.

Jenis-Jenis Mesin Sander

Secara umum jenis mesin sander yang umum beredar di pasaran adalah sebagai berikut:

Belt Sander

(Belt Sander merk Bosch)

Belt Sander merupakan mesin sander yang memiliki alur lintasan material abrasif amplas yang terbuat dari rangkaian drum roll kecil dan track yang membuat material abrasif dapat bergulir mengikuti alur lintasan yang berbentuk persegi panjang.  Biasanya Belt Sander paling sering digunakan dengan jenis abrasif kasar (amplas kasar). Jenis sander ini cocok untuk menghilangkan bekas cat dinding lama, menghaluskan permukaan kayu atau papan kayu yang luas secara cepat, maupun pengasahan material atau furnitur dari metal. Penggunaan Belt Sander memerlukan ketelitian ekstra, apabila digunakan pada bidang yang permukaannya kecil atau sempit agar tidak menggores terlalu banyak, jenis sander ini tidak terlalu cocok digunakan untuk finishing.

Orbital Sander

(Orbital Sander merk Bosch)

Mesin sander tipe orbital merupakan jenis mesin sander yang bekerja dengan sistem getaran naik turun. Lembaran abrasif diletakkan dengan cara dijepit pada papan orbital yang akan bergerak meratakan permukaan kayu atau tembok. Orbital Sander memiliki papan orbital berbentuk persegi, persegi panjang. Mesin sander jenis ini cocok digunakan bersama dengan material abrasif tipe kasar maupun halus (amplas kasar dan halus) untuk kerajinan kayu dan pekerjaan finishing bagian yang membutuhkan detail. Kesulitan yang sering ditemui adalah instalasi atau pemasangan material abrasif cukup sulit daripada jenis sander lainnya.

Random Orbital Sander

(Random Orbital Sander merk Bosch)

Random Orbital Sander pada umumnya berbentuk bulat, dan merupakan tipe sander yang paling mudah digunakan oleh pemula sekalipun. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa jenis material abrasif yang terpasang harus sesuai dengan bentuk papan berbentuk bulat (disk) yang direkatkan ke mesin melalui bahan velcro. Random orbital tool dapat digerakkan secara fleksibel dengan cepat untuk menghaluskan permukaan kayu, tembok, logam, bahkan karena bentuk papan disk yang melingkar, jenis sander ini dapat digunakan juga sebagai alternatif untuk memoles mobil dengan mata poles dari spons (serat polypropylene).

Cara Bekerja dengan Mesin Sander

Untuk melakukan pekerjaan dengan mesin sander, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:

1. Tentukan jenis sander yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan anda. Pastikan obyek kerja sesuai dengan jenis sander yang hendak digunakan (belt sander, orbital sander atau random orbital sander). Selain itu pastikan medan kerja memadai untuk penggunaan mesin sander (daya listrik, menggunakan kabel atau nirkabel).

2. Tentukan jenis material abrasif yang akan dipasang pada mesin sander. Penggunaan material abrasif yang tidak sesuai dapat menyebabkan pengerjaan obyek kerja memakan waktu terlalu lama, atau justru dapat merusak permukaan benda yang hendak diproses.

3. Pastikan mesin dalam posisi off saat pemasangan material abrasif.

4. Pasang material abrasif ke mesin sander sesuai petunjuk dari buku manual. Tonton juga cara memasang material abrasif dalam video berikut ini:

5. Setelah material abrasif terpasang, pastikan semua komponen sudah terkunci pada posisi yang benar. 

6. Colokkan kabel power ke stop kontak

7. Tekan saklar on untuk mulai mengamplas dengan mesin sander.

Harga Sewa Mesin Sander atau Mesin Amplas di POJATEK

Apabila anda memerlukan mesin sander atau mesin amplas untuk masa pakai yang singkat saja, kami sarankan untuk menyewa mesin amplas atau mesin sander di POJATEK dengan harga yang terjangkau. Harga sewa mesin sander di POJATEK adalah sebagai berikut:


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!


Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng