Persewaan Mesin Gergaji Jigsaw di Yogyakarta dan sekitarnya

Apa itu Mesin Gergaji Jigsaw

Dalam pengolahan kayu untuk menjadi material yang dapat digunakan secara umum, diperlukan berbagai peralatan perkayuan atau yang sering disebut sebagai woodworking tools, termasuk di antaranya adalah Mesin Gergaji Jigsaw. Pada umumnya mesin gergaji jigsaw cenderung ringan dan memiliki pegangan yang cukup kokoh untuk mengatur arah gerakan mata gergaji, sehingga dapat memotong obyek (kayu, besi, plastik) sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

(Mesin Gergaji Jigsaw untuk pemotongan kayu, photo by:sensibledigs.com)


Jenis-Jenis Mata Jigsaw

Secara garis besar, ada 2 tipe mata gergaji jigsaw yang sering kita temui, yaitu mata gergaji U-shank dan mata gergaji T-shank. Selain tipe mata gergaji U-shank dan T-shank, ada mata gergaji B-type yang khusus digunakan mata jenis jigsaw tertentu saja. Mari kita lihat perbedaan mata gergaji U-shank dan T-shank berikut ini:

(Mata Jigsaw U-shank & T-shank)

1. Mata Gergaji U-shank

Mata gergaji U-shank memiliki bentuk seperti huruf u yang menjorok ke dalam pada bagian mata yang akan dipasang ke mesin jigsaw. Perlu diperhatikan bahwa terkadang jenis mesin jigsaw dapat menggunakan tipe shank U maupun T, akan tetapi ada beberapa yang hanya support satu jenis mata gergaji saja.

2. Mata Gergaji  T-shank

Mata gergaji T-shank adalah tipe mata gergaji yang paling umum ditemui, dengan ujung bagian dalam yang lancip seperti huruf T apabila dipasang pada mesin jigsaw.

Mata gergaji T-shank memiliki beberapa jenis, yaitu:

a. Milled Side Set Teeth

MILLED SIDE SET TEETH
(Milled Side Set Teeth)

Seperti dapat dilihat pada gambar, jenis mata gergaji ini memiliki gigi yang condong ke sisi samping (kanan dan kiri) dan biasanya cenderung disebut mata gergaji kasar untuk pemotongan. Memotong menggunakan mata gergaji ini relatif cepat, akan tetapi pada pinggiran hasil potongan bisanya tidak halus (kasar).

b. Milled Wavy Set Teeth

Milled Wavy Set Teeth
(Milled Wavy Set Teeth)

Mata gergaji ini memiliki deretan gigi yang bergelombang, sehingga sering disebut sebagai mata gergaji halus, karena dapat menghasilkan pemotongan obyek pinggirannya relatif halus. Dapat digunakan untuk memotong kayu yang halus dan empuk.

c. Ground Side Set Teeth

(Ground Side Set Teeth)

Mirip seperti Milled Side Set Teeth, mata gergaji ini juga digunakan untuk pemotongan obyek dengan cepat, namun cenderung menghasilkan permukaan potongan yang tidak terlalu halus (kasar).

d. Ground Taper & Ground Teeth

Ground Taper & Ground Teeth
(Ground Taper & Ground Teeth)


Mata gergaji ini juga menghasilkan potongan yang mirip dengan Milled Wavy Set Teeth, karena susunan giginya yang berderet dengan rapi, sehingga cocok untuk menghasilkan hasil pemotongan yang halus.

e. Ground Reverse Set

Ground Reverse Set
(Ground Reverse Set)
Mirip dengan mata gergaji Ground Taper & Ground Teeth, mata gergaji ini memiliki gigi yang tersusun rapi, sehingga menghasilkan hasil pemotongan yang rapi dan halus.


Tonton juga video: Apa itu mesin jigsaw?

Cara Pakai Mesin Jigsaw

Cara Menggunakan Mesin Jigsaw cukuplah mudah, dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Bacalah buku manual cara pakai mesin gergaji jigsaw, atau ikuti tutorial video sesuai dengan merk dan tipe mesin (cordless atau dengan kabel).

2. Pastikan mesin jigsaw dalam keadaan off (kabel power tidak terhubung ke sumber listrik).

3. Gunakan APD (Alat Pelindung Diri) seperti sarung tangan, kacamata, helm safety, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat bekerja menggunakan jigsaw.

Tonton juga : Video Tips Safety menggunakan Mesin Gergaji Jigsaw

4. Pastikan menggunakan mata gergaji yang tepat sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Pasang mata gergaji, kencangkan baut menggunakan kunci L.

5. Hubungkan kabel power mesin jigsaw ke sumber listrik, kemudian nyalakan dengan posisi mata siap menghadap benda yang akan dipotong.

6. Mulai meng-gergaji dengan perlahan, untuk mengatur kekuatan dan penekanan agar membuat hasil potongan sesuai yang diharapkan.

Tonton juga: Video Tutorial Cara Pakai Mesin Jigsaw

Harga sewa Mesin Gergaji Jigsaw di POJATEK

Apabila anda memerlukan mesin jigsaw atau gergaji jigsaw untuk pekerjaan membuat kerajinan kayu, anda dapat menyewa alat jigsaw atau gergaji jigsaw di Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) dengan harga yang terjangkau. Harga sewa mesin jigsaw di POJATEK adalah sebagai berikut:

(Harga Sewa Jigsaw di POJATEK)

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!

Comments

Popular posts from this blog

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng