Jenis-Jenis Mata Gerinda Tangan, Mata Gerinda Logam - Kayu - Beton - Keramik - Finishing dll.

 Gerinda tangan merupakan salah satu peralatan yang sangat membantu dan fleksibel untuk digunakan dalam berbagai pekerjaan perbaikan, crafting, sampai wood-working. Selain dari sisi fleksibel yang dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai obyek, ukuran yang compact dan berat yang cukup ringan membuat gerinda tangan mudah digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari muda-tua bahkan bagi wanita maupun pria.

(Gerinda tangan, foto dari: bosch-pt.co.id)

Untuk memanfaatkan fungsi dari gerinda tangan dengan baik, maka kita perlu mengenali jenis-jenis mata gerinda tangan, apa saja yang dapat digunakan dengan optimal, sehingga kita dapat melakukan pekerjaan dengan efektif dan efisien. Apa saja jenis-jenis mata gerinda tangan, berikut pembahasannya :

JENIS - JENIS MATA GERINDA

Berdasarkan material yang dikerjakan, mata gerinda tangan dikelompokkan untuk pengerjaan logam (besi-baja), kayu, bahan bagunan (beton-keramik-kaca) dan mata gerinda untuk pekerjaan finishing. 

A. Mata Gerinda untuk Pengerjaan Logam (Besi - Baja - Metal)

Untuk pengerjaan logam seperti besi, baja, metal dan bahan logam lainnya, setidaknya ada lima jenis mata gerinda yang dapat digunakan yaitu:

1. Mata Gerinda Batu Asah

Mata gerinda batu asah
(Mata gerinda batu asah)

Jenis mata gerinda ini berfungsi untuk mengikis permukaan logam, seperti besi, baja atau stainless steel. Biasanya akan terdapat keterangan spesifikasi jenis, diameter mata gerinda dan kompabilitas pemasangan pada salah satu permukaan mata gerinda. 

2. Mata Gerinda Fleksibel

Mata Gerinda Fleksibel
(Mata gerinda fleksibel)

Mata gerinda fleksibel ini memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu untuk mengikis permukaan logam, namun dengan tambahan kemampuan menjangkau area yang sulit dijangkau oleh sudut pengerjaan gerinda pada umumnya, dengan menggunakan sifat mata gerinda yang sedikit lentur, akan tetapi perlu diperhatikan karena sifatnya lentur sehingga perlu diarahkan agar mata gerinda ini mengenai target yang diinginkan dan tidak mengikis bagian logam lain.

3. Mata Gerinda Potong

(Mata gerinda potong)

Seperti namanya, mata gerinda ini dikenali untuk memotong berbagai logam sesuai kebutuhan. Sifat dari mata gerinda ini lebih tajam daripada jenis mata gerinda lainnya dan biasanya cocok digunakan untuk memotong logam seperti besi - baja - stainless steel - mild steel dan sebagainya.

4. Mata Gerinda Sikat Logam

(Mata gerinda sikat logam)

Jenis mata gerinda sikat, biasanya digunakan untuk menghilangkan kotoran, kerak atau karat yang menempel pada logam, dengan sikat yang dipasang sebagai mata gerinda proses cleaning akan berlangsung dengan kecepatan tinggi sehingga memerlukan waktu yang lebih singkat. 

5. Mata Gerinda Asah (Finishing Logam)

(Mata gerinda asah (finishing logam))

Fungsi dari mata gerinda ini mirip dengan mata gerinda batu asah, akan tetapi hasil dari pengerjaan logam dengan mata gerinda ini akan lebih halus atau biasa digunakan dalam tahap akhir (tahap finishing). 

B. Mata Gerinda untuk Pengerjaan Kayu

(Mata gerinda kayu)

Mata gerinda untuk pengerjaan kayu mudah dikenali karena bentuknya yang bergerigi, keterangan spesifikasi diameter dan arah putaran biasanya ditampilkan dalam tulisan di salah satu permukaan mata gerinda. Semakin sedikit jumlah gerigi biasanya semakin cepat waktu pemotongan, akan tetapi hasil pinggiran potongan tidak terlalu halus. Sebaliknya, semakin banyak jumlah gerigi biasanya hasil pemotongan akan lebih halus, akan tetapi makan waktu yang lebih banyak.

C. Mata Gerinda untuk Pengerjaan Bahan Bangunan (Beton-Keramik)

Mata gerinda untuk pengerjaan beton atau cor-corandan mata gerinda untuk pengerjaan keramik ini mudah didapatkan di toko bangunan.

1. Mata Gerinda Potong Beton (Cor - Coran)

(Mata gerinda potong beton)


Mata gerinda ini dapat digunakan untuk mengikis beton atau cor-coran untuk membuat jalur sederhana , pola sudut atau membentuk beton secara sederhana, perlu diperhatikan untuk pengerjaan beton yang memerlukan garis simetris agar tidak keluar jalur karena sudut kerja yang cukup terbatas.

2. Mata Gerinda Potong Keramik

(Mata gerinda potong keramik)

Pemotongan keramik menggunakan gerinda tangan dapat dilakukan dengan pemasangan mata gerinda potong keramik, sebagai pengganti dari alat tile cutter. Pemotongan keramik dengan gerinda tangan biasanya untuk membuat potongan kecil atau detail tertentu.

Tonton juga : Cara Memotong Keramik dengan Tile Cutter


D. Mata Gerinda untuk Finishing

Mata gerinda untuk pekerjaan finishing biasanya digunakan untuk memoles permukaan benda agar hasil akhir yang diharapakan lebih mengkilap, atau sesuai dengan keinginan pengguna. Ada beberapa jenis mata gerinda yang digunakan untuk pekerjaan finishing, yaitu:

1. Mata gerinda asah spons 

(Mata gerinda asah spons)

Mata gerinda spons biasanya digunakan untuk membuat granit atau marmer lebih mengkilap, sehingga dapat menaikkan nilai aesthetic dari dekorasi ruangan.

2. Mata gerinda asah woven

(Mata gerinda asah woven)

Mata gerinda asah woven digunakan untuk mengkilapkan permukaan dari berbagai jenis material logam seperti stainless-stell atau aluminium.

3. Mata gerinda poles (polishing pad)

(Mata gerinda poles)

Mata gerinda poles dapat digunakan untuk dipasangkan pada mesin gerinda tangan dengan tujuan mengkilapkan permukaan body kendaraan seperti motor atau mobil biasanya, dan yang sejenisnya. Untuk menambah kilapan yang maksimal biasanya penggunaannya akan ditambahi semacam carian khusus untuk menjaga kualitas cat atau memberikan sedikit perlindungan anti gores.

Penggunaan mata gerinda yang tepat sesuai jenis pekerjaan akan membuat pekerjaan selesai dengan efektif, efisien dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. POJATEK menyewakan gerinda tangan dengan harga yang terjangkau, berikut harga sewa gerinda tangan di POJATEK

(Harga sewa gerinda tangan di POJATEK)

Tonton juga : Cara Pasang Mata Gerinda Tangan ke Mesin Gerinda Tangan



Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!

Comments

Popular posts from this blog

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng