JENIS - JENIS TALANG AIR

Selain menentukan jenis atap rumah pada saat proses pembangunan, hal kecil yang tetap harus diperhatikan adalah perancangan posisi talang atau saluran penampungan air. Talang air memiliki fungsi utama menjadi jalan bagi air hujan yang jatuh ke atap rumah ke saluran air yang ditentukan, seperti saluran khusus air hujan, area sumur resapan, dan tangki penampungan air hujan. Jika dalam proses konstruksi talang hujan lupa dipasang, maka air hujan akan langsung mengalir bebas dari atap dan dapat menimbulkan rembesan pada plafon atau dinding.  Rembesan air yang tidak dikontrol dengan instalasi talang yang baik dapat menyebabkan korsleting pada kabel listrik yang berada dalam plafon.

(Kondisi talang air rumah saat hujan; foto by: istock.com)

Agar tidak terjadi salah perhitungan, pemilihan jenis dan ukuran talang perlu disesuaikan dengan konsep dan desain rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis talang air, dengan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan desain rumah anda.

Jenis Talang Berdasarkan Bahan Material

1. Talang Berbahan Logam

Jenis talang logam yang sering digunakan biasanya terbuat dari bahan seng atau aluminium. Banyak yang menggunakan talang air dengan jenis ini karena harganya yang murah dibandingkan dengan bahan lainnya. Selain itu, bahannya cukup fleksibel untuk dibentuk sesuai bentuk atap, jadi bisa kalian sesuaikan dengan bentuk rumah kalian, sehingga mampu mengalirkan air dengan lebih efektif.

(Talang air berbahan seng; foto diambil dari : istockphoto.com)

Sayangnya, talang yang terbuat bahan logam ini cenderung lebih cepat panas apabila terkena terik matahari, dan apabila sedang hujan, talang ini akan menghasilkan suara berisik dari air hujan yang yang turun ke talang, seperti sifat logam yang mengeluarkan suara keras saat dipukul dengan benda lain.. Selain menghasilkan suara saat turun hujan, jenis talang yang satu ini juga lebih mudah berkarat apabila sering terkena air.

2. Talang Air PVC
(Talang air berbahan plastik PVC; foto diambil dari : istockphoto.com)

Talang air pvc menjadi jenis talang air yang cukup populer di Indonesia. Harganya pun tak kalah murah dengan harga talang air jenis lainnya. Pemasangan talang air pvc ini cukup mudah karena ringan. Berbeda dengan jenis talang air logam, talang air pvc ini tidak akan berkarat dan tidak berisik karena terbuat dari material plastik. Namun karena materialnya terbuat dari plastik, talang air ini lebih rawan pecah, retak atau patah. Oleh sebab itu, jika terjadi talang berlubang, atau pecah, talang jenis pvc harus segera diganti.

3. Talang Beton
(Talang air berbahan beton; foto diambil dari : arafuru.com)

Jika melihat rumah rumah konvensional banyak menggunakan talang dengan jenis ini, talang berbahan beton ini jelas lebih awet atau tahan lama dan memiliki kekuatan atau daya tahan yang tinggi dari hujan yang sangat deras dibandingkan dengan bahan yang lain. Selain itu pastinya talang ini tidak akan karatan, tidak membuat suara yang berisik saat hujan dan pastinya kapasitas tampungan lebih besar. Akan tetapi biaya yang diperlukan untuk mengerjakan talang air dari beton ini cukup mahal, dan durasi pembuatannya cenderung lebih lama daripada talang air yang terbuat dari logam maupun pvc. 

Tipe Talang Air Berdasarkan Bentuk

1. Tipe talang air K-Style

(Talang air bentuk K-Style; foto diambil dari : istockphoto.com)


Talang air tipe K-style ini cukup digemari karena bentuknya cukup mendukung untuk mempercantik desain rumah. Talang air tipe berikut ini biasanya digunakan di rumah-rumah minimalis, di sudut rumah agar dapat lebih terlihat. Selain itu bentuknya yang cukup unik membuatnya mampu menampung banyak air hujan, sehingga membuat talang air tipe K-style ini cocok menjadi pilihan anda yang memiliki rumah di daerah yang sering turun hujan.

2. Tipe Talang Air Half-Round

(Jenis talang air bentuk U; foto diambil dari: istockphoto.com)


Talang ini berbentuk seperti huruf U, yang menyerupai tabung yang dipotong menjadi dua. Kelebihan dari talang ini adalah instalasinya yang mudah dan memberikan kesan ringkas dan sederhana. Para pemilik rumah yang memiliki taman dan pohon tinggi lebih banyak memilih jenis talang yang satu ini karena bentuknya yang sederhana, membuat talang air lebih mudah dibersihkan ketika ada banyak daun atau ranting yang jatuh dari pepohonan ke arah talang.

3. Tipe Talang Air Victorian Ogee 

(Talang air bentuk Victorian Ogee; foto diambil dari:drainage365.co.uk)


Talang air Victorian ogee memiliki bentuk lekukan yang mirip dengan talang air tipe K-Style, hanya saja tipe ini lebih dangkal dan tidak dapat menampung air yang terlalu banyak sehingga lebih cocok digunakan untuk rumah yang tidak terlalu besar. Umumnya, talang air Victorian ogee terbuat dari aluminium yang ringan dan perawatannya mudah. Dengan tampilan yang simpel talang ini biasanya bagus digunakan di rumah rumah dengan tampilan tradisional dan klasik, contohnya rumah ala Victoria atau Eropa abad ke-19. 
(Rumah gaya Victoria klasik; foto diambil dari: picryl.com)

Pemilihan jenis talang air perlu disesuaikan juga dengan letak geografis rumah anda, konsep dan desain agar dapat memberikan fungsi yang tepat guna, tapi juga tidak merusak nilai estetika dari penampilan rumah anda. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dalam pemilihan talang air di rumah anda.


Sumber: 
https://www.rumah.com/panduan-properti/mengenal-jenis-talang-air-19779
https://www.ruparupa.com/blog/mengenal-jenis-talang-air-dan-tips-memasangnya/
https://artikel.rumah123.com/mengenal-6-jenis-talang-air-dan-tipe-yang-bagus-dipasang-di-rumah-53229


POJATEK menyewakan tangga lipat untuk membantu pekerjaan instalasi talang air di rumah anda, dengan harga terjangkau, sehingga pekerjaan anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Berikut harga sewa tangga lipat di POJATEK

(Harga sewa tangga lipat di POJATEK)



Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!



Comments

Popular posts from this blog

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng