Tanaman Indoor sebagai Hiasan Ruangan sekaligus Bermanfaat untuk Kesehatan

Di masa pandemi ini kita banyak menghabiskan waktu di rumah, baik saat pembatasan kegiatan dengan WFH (Work fom Home) atau belajar daring di rumah masing-masing. Rutinitas yang membuat kita merasa jenuh dapat disalurkan melalui beberapa hobi, salah satunya adalah bercocok tanam. Tanaman indoor bisa menjadi pilihan bagi anda yang ingin bercocok tanam di lahan terbatas seperti apartemen, kos, dan perumahan. Tak hanya dipajang untuk mempercantik rumah saja, tanaman memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari yang bisa membantu menetralisir udara di dalam rumah sampai menghilangkan bakteri atau jamur yang memungkinkan masuk kerumah kita melalui udara dan digunakan sebagai salah satu penyembuhan penyakit lainnya, melalui media tanaman.

(Tanaman indoor, sumber foto: https://extramile.thehartford.com/home)

Tak heran juga jika sekarang banyak sekali di kalangan masyarakat sedang marak membicarakan berbagai jenis tanaman dengan tujuan untuk mendekorasi/menghias rumah agar terlihat cantik. Berikut rekomendasi 12 pilihan tanaman hias yang dapat dirawat di dalam ruang (indoor) yang selain menarik untuk dilihat, juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan penghuni rumah.

 

1.     Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua diyakini bisa menyerap radiasi yang dipancarkan barang elektronik di dalam rumah, mulai perangkat telepon genggam, televisi, komputer, laptop, dan masih banyak lagi. Menanam lidah mertua bisa membantu meringankan Sick Building Syndrome (SBS). SBS merupakan masalah psikologis yang membuat seseorang kerap merasakan sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan, rasa lelah, dan mual.

LIDAH MERTUA
(Tanaman Lidah Mertua, Sumber foto: Sansevieria/pinterest.com/)

Tanaman lidah mertua juga memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruang yang buruk, meminimalkan keberadaan karbon dan memaksimalkan asupan oksigen dalam ruang. Selain itu lidah mertua juga dapat menyerap racun di udara seperti benzene, xylene, trichlorethylene, dan formaldehyde, karena jika dihirup oleh tubuh dapat menyebabkan kanker. Jadi tak heran kondisi ruang yang diberi lidah mertua akan lebih lembab, nyaman, sehat bagi manusia dan akan membuat risiko alergi udara bisa diminimalkan dengan lebih efektif.

 

2.     Rosemary

Tak hanya dijadikan bumbu dalam berbagai masakan dan penghias ruangan, rosemary dapat dikomsumsi sebagai obat obatan. Karena memiliki sumber antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan serta melancarkan sirkulasi darah. Menurut penelitian yang dipublikasikan Therapeutic Advances in Psychopharmacology aroma dari rosemary dapat meningkatkan konsentrasi, kinerja, kecepatan, daya ingat dan suasana hati.

ROSEMARY
(Tanaman Rosemary, Sumber foto :https://www.gardenmanage.com/)

Selain itu, rosemary mengandung bahan yang disebut asam karnosat, yang dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas di otak dan juga bermanfaat bagi orang yang pernah mengalami stroke sekaligus melindungi otak dari kerusakan serta mempercepat pemulihan. Didalam rosemary juga terdapat Ekstrak rosemary etanol mentah (RO) yang mampu memperlambat penyebaran leukemia dan sel karsinoma penyebab kanker payudara sekaligus sebagai agen anti-inflamasi dan anti-tumor.

Tambahan ekstrak rosemary ke olahan daging giling dapat mengurangi risiko pembentukan agen penyebab kanker yang dapat berkembang biak selama proses memasak. Jadi pemajangan rosemary didalam rumah sangat berguna untuk kesehatan bahkan rosemary juga dapat dioleh menjadi obat herbal yang dapat melindungi dan mempercepat pemulihat penyakit.

 

3.      Janda bolong (Monstera adansonii)

Dikalangan sekarang pasti sudah banyak yang memeliara tanaman Monstera adansonii ini atau sering disebut dengan naman janda bolong. Tapi apakah kalian tahu janda bolong ini ternyata memiliki manfaat selain digunakan sebagai penghias ruangan yang sedang tren masa kini tetapi juga bisa meningkatkan kualitas udara, jadi rumah akan menjadi sejuk dan nyaman. Jika diletakkan di dalam rumah, tanaman hias ini dapat menyerap berbagai zat beracun dari udara seperti benzena, formaldehida, trichloroethylene, xylene, dan amonia.

(Tanaman Janda Bolong, Sumber foto: https://www.thespruce.com)

Tanaman janda bolong tidak hanya membuat rumah menjadi sejuk, namun juga bisa menyehatkan mata, jika kalian duduk di dekat tanaman ini dan memandang keindahan daunnya, maka mata akan terasa sangat nyaman, terlebih jika kalian menghabiskan waktu seharian bekerja di depan layar. Selain menyegarkan mata, tanaman janda bolong ini juga dapat menyerap kandungan bahan kimia yang sering menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, gangguan saluran pernapasan, dan reaksi alergi.

Kehadiran janda bolong di rumah bisa meningkatkan kualitas udara di rumah dan menyejukkan mata. Hal ini jelas saja bisa meningkatkan mood kalian, dikala lelah dan bosan dengan kondisi sekarang ini yang harus menghabiskan banyak waktu di rumah.

 

4.     Lidah buaya

Selain tampilannya yang cantik serta dapat meningkatkan estetika ruangan dan lebih dikenal juga sebagai pelembab kulit, tanaman lidah buaya juga bisa membantu menjaga kualitas udara di dalam ruangan. Tanaman lidah buaya juga bisa membantu membersihkan udara dari formaldehida dan benzena, bahan-bahan yang terkandung di pembersih yang kita pakai di rumah bisa mengandung kedua senyawa tersebut, untuk itu keberadaan tanaman lidah buaya bisa membantu menyaring udara dan menjaga kualitas udara dengan lebih baik.

(Tanaman Lidah buaya, Sumber foto : bandoflovers.net)

Selain membersihkan udara, tanaman Lidah Buaya juga membantu meredakan stres, jadi sangat cocok juga ditaruh didalam kamar tidur jadi dapat membersihkan bahan kimia yang dihasilkan dari pengharum ruangan, sehingga memurnikan udara di kamar tidur dan membuat udara lebih sehat untuk dihirup untuk itu suasana kamar tidur jadi lebih nyaman dan membantu kita mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

 

5.     Kaktus

Lebih dikenal sebagai tanaman yang dapat hidup lama meskipun tanpa air, ternyata kaktus juga memiliki kemampuan untuk mengikat karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang akan membuat udara ruang menjadi lebih segar, selain itu untuk kalian yang bekerja di depan laptop kaktus bisa digunakan untuk mengikat paparan radiasi dari layar laptop atau handphone dan juga sebagai penangkal radikal bebas sehingga dapat mengaktifkan reaksi tubuh dalam melawan alergi dan virus.

(Tanaman Kaktus, sumber foto: https://www.thespruce.com)

Kaktus juga dijadikan sebagai bahan pengobatan sejak ribuan tahun silam, mereka menggunakan kaktus untuk dijadikan obat gatal-gatal dan pembengkakan akibat gigitan serangga. Karena memiliki kandungan zat penawar racun, kaktus ternyata juga dapat membersihkan air dari racun jenis arsenik. Namun demikian tidak disarankan mengolah kaktus sendiri tanpa pendampingan para ahli.

 

6.    Lili paris (Chlorophytum comosum)

Lili paris atau yang dikenal sebagai tanaman laba-laba (spider plant) juga termasuk tanaman penghasil oksigen. Tanaman hias asal Afrika Selatan ini dikenal dengan daun hijaunya yang berbentuk ramping serupa pedang. Daunnya yang cantik, melengkung dengan anggun berhiaskan warna putih di tepinya.

Tanaman Lili Paris, sumber foto : https://www.rolfestheflorist.co.uk/)

Walau penampilannya sederhana, tanaman satu ini mimiliki kaya manfaat. Selain sebagai tanaman hias gantung, jenis ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman penutup tanam (groundcover). Selain dua hal itu, lili paris ternyata punya manfaat penting untuk kesehatan lingkungan, tanaman ini dapat melenyapkan senyawa berbahaya  yang menyebar bebas di udara seperti formaldehyde. Senyawa ini biasanya menempel di benda-benda yang dibawa dari luar rumah salah satunya adalah pada pakaian.

 

7.     Pohon Palem

Pohon palem yang memiliki ukuran yang masih kecil biasanya diletakkan di pot cantik dalam ruangan akan mencuri perhatian tersendiri. Selain menekankan visual hunian bergaya tropis dan mediterania, tanaman palem dapat menetralisir zat berbahaya dari asap rokok, seperti formaldehida, benzena, dan karbon monoksida.

PALEM
(Pohon palem, sumber foto: payungrimbun)

Pohon palem juga bisa meningkatkan kelembapan di dalam rumah. Hal ini tentunya akan berguna ketika kalian tinggal di daerah yang kering dengan udara yang kering tentu tidak nyaman dan bisa menyebabkan kulit lebih mudah iritasi dan kering. Nah dengan meletakan pohon palem kecil di rumah bisa menjaga kelembapan dalam rumah.

Pohon palem dengan ukuran yang besar bisa ditanam diarea rumah seperti halaman depan rumah yang berdekatan atau sejajar dengan jalanan utama, hal ini bisa mengurangi polusi yang bisa masuk ke dalam rumah. Sama seperti tanaman lain pada umumnya, pohon palem juga mampu memberikan kesejukan, terlebih pohon palem pun termasuk ke dalam jenis tanaman yang bisa menghasilkan oksigen dalam jumlah yang banyak sehingga suasa rumah bisa sejuk meski panasnya terik matahari.

 

8.     Sirih Gading

Selain berfungsi sebagai ornamen penghias taman atau rumah, tanaman sirih gading juga memiliki banyak manfaatnya, tapi tanaman ini memang tidak bisa dikonsumsi sebagai obat, tetapi keberadaannya bisa mengurangi beragam risiko kesehatan. Seperti menyerap racun dan polusi udara, mengolah racun menjadi pasokan oksigen segar, membantu mengatasi permasalahan pernapasan, mengatur sirkulasi udara di dalam ruangan, membantu menetralkan ruangan dari bau amis, membantu menghilangkan bau asap rokok dan menenangkan kondisi psikologis.

SIRIH GADING
(Tanaman Sirih Gading, sumber foto: Severin Candrian on Unsplash)

9.     Peace lily

Peace lily disetujui NASA sebagai salah satu tanaman pembersih udara terbaik. Tanaman ini bisa menyerap formaldehida, benzena, dan karbon monoksida dan juga cukup efektif menetralkan aroma tak sedap dari asap rokok, cat, dan pernis. Peace lily juga mampu menciptakan lingkungan tempat tinggal yang menenangkan, sehat dan meningkatkan kualitas udara di dalam rumah.

PEACE LILY
(Tanaman Lili, sumber foto: flowercouncil.co.uk)

Peace lily juga mampu menyerap zat beracun dan spora jamur yang terbawa angin dan masuk kedalam rumah yang dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit serta dapat menyebabkan ganguan pernafasan. Jika kalian meletakkan bunga tersebut di dalam kamar tidur, kualitas udara di dalam ruangan akan meningkat, daun dan bunganya yang cantik dapat membuat tubuh serta pikiranmu semakin rileks, hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

 

10. English Ivy

Tanaman english ivy adalah tanaman merambat yang bisa Anda gunakan untuk menutup tembok atau dinding rumah. Akar pada ruas-ruas batangnya tumbuh menjalar di dinding dengan cantik tanpa merusak dinding.

(Tanaman English Ivy, sumber foto: https://www.gardeningknowhow.com)

Tanaman ini mempunyai manfaat dapat memurnikan udara dari racun benzena, formaldehida, xilen dan toluena. Selain digunakan untuk penghias dinding daunnya mengandung anti-inflamasi yang bermanfaat mengobati radang sendi, encok, rematik dan menghilangkan rasa sakit akibat luka atau operasi dengan menerapkannya dan senyawa saponin yang terkandung dalam daunnya dapat membantu mengobati psoriasis, eksim, jerawat, dan kondisi kulit lainnya.

Selain itu engish ivy juga memiliki kandungan ekspektoran yang sangat efektif untuk gangguan pernapasan, asma, infeksi pernapasan, dan pembengkakan (penyakit paru obstruktif kronis), dan yang sudah sering menggunakan daun ivy ini biasanya ekstak digunakan untuk pembuatan obat batuk yang berlendir dan bronkitis. Dan kandungan antioksidan dapat mencegah penyebaran dan perkembangan kanker dan penyakit kronis. Dapat menghilangkan radikal bebas dan mencegah mutasi dan apoptosis. Sifat daun ivy juga memiliki sifat antelmintik, antiparasit, dan antibakteri yang dapat digunakan untuk mengobati cacingan, parasit dan bakteri berbahaya

 

11. Tanaman Karet Kebo

Tanaman karet kebo memiliki daun yang cukup tebal, memiliki tekstur yang lembut serta tahan kering, untuk itu tanaman ini sangat cocok ditaruh didalam ruangan karena tidak memerlukan banyak air dan sinar matahari kalian cukup siram saat tanah terlihat kering saja, dan untuk mendapatkan sinar yang terhalang kaca juga sudah cukup untuk tanaman ini.

DAUN KARET KEBO
(Tanaman Karet Kebo, sumber foto: lamudi.co.id)

Jika ditaruh didalam ruangan karet kebo dapat menyerap racun-racun seperti formaldehid, karbon monoksida, sehingga rumah menjadi bersih dari toksin yang ada di udara. Selain dapat menyerap racun dalam ruangan karet kebo juga dapat menyerap debu untuk mengurangi elergi pada tubuh, menghilangkan polusi udara serta menghilangkan bakteri yang masuk kedalam rumah.

Daun dari karet kebo juga dapat digunakan sebagai obat-obatan seperti mengobati bengkak, menyembuhan bisul, mengurangi rasa akit, menurunkan kadar asam lambung, mencegah hipertensi, menyembuhkan penyakit stroke dengan membantu memperlancar peredaran darah yang mengalir ke otak agar tetap mendapatkan oksigen dan menjaga kesehatan perut.

 

12.  Bunga Lavender

Meski terkenal sebagai tanaman pengusir nyamuk dan tanaman yang memiliki aroma yang sangat populer, sebenarnya lavender juga punya manfaat lain bagi kesehatan, yakni bisa  membuat kalian lebih rileks dan tenang sehingga cocok untuk kalian yang sering sakit kepala, merasa stres, gelisah dan insomia atau ganguan  tidur lainya. Selain itu dapat membantu mengobati penyakit yang disebut alopecia aerate, yang menyebabkan rambut seseorang rontok dan dioleskan ke kulit, minyak lavender telah menunjukkan hasil positif dalam membantu eksim, jerawat, sengatan matahari, dan ruam popok.

LAVENDER
(Tanaman Lavender, sumber foto: 
parrotsintheparlour.wordpress.co
m
)

Berikut 12 tanaman hias yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita, apakah dari 12 tanaman di atas salah satunya sudah berada dirumah kalian? Jika belum tambahkan rumah kalian dengan tanaman diatas agar rumah menjadi lebih cantik dan juga mendapatkan banyak manfaat.

 


POJATEK menyewakan berbagai alat-alat perkayuan seperti bor, jigsaw, circular saw, planner, alat kebersihan seperti vacuum cleaner, kompresor, dan lain sebagainya, untuk membantu anda mengerjakan kayu dan menata ruangan untuk menata tanaman hias anda. Ayo wujudkan taman impianmu di rumah, sekarang!




Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!

 

Sumber :

rumah.com – https://www.rumah.com/panduan-properti/11-tanaman-dalam-ruangan-agar-tubuh-makin-sehat-12658

bola.com - https://www.bola.com/ragam/read/4491618/7-manfaat-menanam-lidah-mertua-di-rumah-tak-hanya-mempercantik-ruangan

fimela.com - https://www.fimela.com/lifestyle/read/4652745/10-tanaman-cantik-yang-mudah-untuk-ditanam-di-rumah

orami.co.id - https://www.orami.co.id/magazine/tanaman-hias-dalam-ruangan/

kompas.com - https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/05/213600776/5-tanaman-hias-indoor-yang-cocok-untuk-ruang-kerja-tertutup?page=all

99.co - https://www.99.co/blog/indonesia/seluk-beluk-tanaman-karet-kebo/

Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng