Tradisi Seputar Perayaan Idul Fitri di Indonesia


Hari Raya Idul Fitri adalah yang paling ditunggu-tunggu bagi umat muslim di seluruh dunia setelah menempuh ibadah puasa di Bulan Ramadhan, menyambut hari raya Idul Fitri, ada beberapa tradisi yang umum dijumpai di Indonesia. Apa saja? Mari kita simak bersama dalam artikel berikut ini:

(Foto dari: freepik.com/Odua)


A. Membuat Ketupat

(Foto dari: TRIBUNJOGJA.COM/Bramasto Adhy)

Membuat ketupat menjadi salah satu tradisi yang merekatkan kekeluargaan, terutama sebelum pandemi covid. Pengolahan nasi menjadi ketupat menjadi salah satu metode untuk preservasi nasi agar tetap bisa dikonsumsi dalam jangka yang cukup panjang, untuk bisa dikonsumsi dengan berbagai macam hidangan seperti gulai, opor, maupun berbagai kuliner khas lebaran lainnya.
Teknik pembuatan ketupat biasanya diajarkan secara turun-temurun, dari generasi ke generasi.


B. Ziarah

(Foto dari: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/Tom)

Sebelum menjalankan ibadah puasa, di beberapa daerah sering dijumpai tradisi nyekar atau ziarah ke makam leluhur (orangtua, kakek, dan sanak saudara yang telah lebih dahulu berpulang) untuk berdoa maupun membersihkan area makam (mencabuti rumput liar, memberikan bunga atau wewangian).


C. Parcel

(Foto dari: detik foto/Rachman Haryanto)

Parcel atau sering disebut juga sebagai hamper, menjadi salah satu ungkapan rasa syukur yang diberikan kepada orang-orang terdekat mendekati hari raya Idul Fitri. Parcel dapat berupa paket sembako, makanan dan minuman dalam kemasan, set peralatan minum teh atau peralatan makan, maupun bingkisan berisi alat ibadah.


D. Takbiran

(Foto dari: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Takbiran umumnya dilakukan pada malam takbir sebelum sholat Idul Fitri di keesokan harinya. Merupakan euforia perayaan atas selesainya proses puasa selama 30hari, dengan arak-arakan keliling daerah sekitar menggunakan berbagai alat musik seperti kendang, dan tambourine. Diiringi dengan paduan suara dan pembawaan ornamen khas lebaran.


E. Mudik

(Foto dari: Tribunnews/Jeprima)

Tradisi mudik adalah yang paling ditunggu-tunggu ketika libur cuti bersama diumumkan, setelah 2 tahun berlalu tanpa diperbolehkan mudik secara massal ke daerah asal. Hal ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga besar. Mendekati hari lebaran biasanya tiket-tiket perjalanan kereta, pesawat, maupun dengan kapal habis terbeli.


F. Sungkeman

(Foto dari: tribunnews.com)

Selain dilakukan saat prosesi penting seperti upacara pernikahahan, tradisi sungkeman atau berlutut menghormati orangtua juga dilakukan saat merayakan Idul Fitri. Saat bersilaturahmi dengan keluarga besar, biasanya sungkeman dilakukan untuk menghormati orangtua maupun kepala keluarga yang paling senior untuk menjaga hubungan baik dan saling mengungkapkan hal-hal yang tidak tersampaikan saat tidak bertatap muka.


G. Salam Tempel

(Foto dari: iprice.co.id)

Mirip dengan angpao saat tahun baru imlek, pemberian salam tempel ini dilakukan anggota keluarga senior kepada mereka yang belum bekerja maupun belum menikah. Konon katanya selain silaturahmi, ini yang paling ditunggu anak-anak ketika berkumpul dengan keluarga.

Selain tradisi di atas, jangan lupakan untuk menjaga kebersihan dengan membersihkan rumah sebelum bersilaturahmi dengan keluarga besar. POJATEK menyewakan mesin vacuum cleaner untuk membantu membersihkan rumah tinggal anda, dengan harga terjangkau. Berikut harga sewa mesin vacuum cleaner di POJATEK:


(Harga sewa mesin vacuum cleaner di POJATEK)


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!


Sumber artikel:
Traveloka (https://www.traveloka.com/id-id/explore/tips/tradisi-lebaran-di-indonesia-acc/29450)
Pahamify (https://pahamify.com/blog/pahami-fun/trivia/tradisi-lebaran-di-indonesia/)


Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng