Sumur Resapan, Manfaat dan Cara Pembuatannya

 

Tinggal di dekat garis khatulistiwa menjadikan Indonesia negara yang subur dan memiliki banyak potensi sumber daya alam. Di sisi lain, Indonesia hanya mengalami 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan. Sayangnya justru krisis yang disebabkan oleh bencana banjir atau kekeringan di beberapa daerah di negara kita menjadi permasalahan yang cukup klasik. Banjir yang disebabkan oleh banyaknya air dipermukaan diatas lahan yang tidak bisa diserap oleh tanah, sedangkan kekeringan yang disebabkan tidak adanya persediaan air.

(Persiapan pembuatan sumur resapan, sumber foto: SINDOnews/Ilustrasi.dok)

Salah satu siasat yang dapat digunakan adalah dengan pembuatan sumur resapan, sumur resapan merupakan penampungan air di dalam tanah yang berfungsi mengurangi besarnya aliran air di permukaan yang dapat menyebabkan peluang terjadinya banjir dan memberikan ketersediaan air pada saat kekeringan.

Metode yang digunakan pada sumur resapan ini adalah mengendalikan dampak dari air hujan dengan meresapkan ke dalam tanah sehingga air dapat disimpan dan air tidak banyak terbuang di permukaan, menjaga cadangan air tanah, menjaga permukiman agar tidak tergenang dan menfaat lain yang dapat kalian simak dibawah ini :

 

Manfaat Sumur Resapan

1.      Mencegah Timbulnya Genangan Air saat Hujan Deras

Fungsi sumur resapan yang pertama adalah untuk mencegah timbulnya genangan air saat hujan deras. Ketika musin penghujan seperti sekarang ini, hujan terjadi setiap hari. Ketika tanah tidak lagi mampu menyerap air hujan, sumur akan berfungsi seperti parit yang menampung kelebihannya. Manfaatnya halaman rumah terhindar dari genangan air, karena genangan air hujan dapat mengakibatkan erosi jika terus-menerus terjadi. Jika lapisan tanah terus terkikis, risiko pergerakan tanah akan semakin tinggi karena strukturnya tidak stabil.

2.      Mengurangi Risiko Banjir­­

Selain mencegah timbulnya genangan air, fungsi lain sumur resapan juga meminimalisir resiko banjir. Semakin banyaknya air yang mengalir dan menggenang di permukaan tanah, resiko banjir akan semakin tinggi apalagi di area aspal atau permukaan yang bukan lagi tanah yang tidak dapat meresap. Oleh sebab itu, kamu perlu mengalirkannya ke saluran pembuangan yang lebih besar seperti sumur resapan air hujan.

3.      Menambah Cadangan Air Tanah

Manfaat lainya juga dapat menambah cadangan air pada tanah. Jika suatu saat nanti sumber air bersih mengalami penurunan, pada situasi seperti itu kita bisa melihat fungsi sumur resapan. Jika sumur dibangun dengan kontruksi yang tepat, teknologi sederhana ini bisa menjadi sumber cadangan air.

4.      Sebagai Sumber Irigasi

Pemanfaatan sumur resapan lainya digunakan untuk mengairi lahan dan membendung air akan dilakukan apabila saluran irigasi sedang mengalami gangguan seperti kekurangan air. Sumur resapan dapat menggantikan sementara dari sumber irigasi, sehingga dapat dikatakan jika sumur resapan juga memiliki peran penting untuk membantu proses irigasi ketika sedang kekurangan ai

5.      Sebagai Sumber Air Utama di Suatu daerah

Manfaat lain dari sumur resapan yaitu menjadi sumber utama di suatu lingkungan atau daerah. Biasanya, sumur resapan akan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar sebagai sumber air utama yang membantu memenuhi kebutuhan kehidupan sehari hari.

(Perencanaan Sumur Resapan)

Ditjen Cipta Karya Departemen Pekerjaaan Umum menetapkan data teknis sumur resapan air sebagai berikut:

a.      Berukuran maksimum diameter 1,4 meter.

b.      Ukuran pipa masuk diameter 110 mm.

c.       Ukuran pipa pelimpah berdiameter 110 mm.

d.      Ukuran kedalaman 1,5m – 3m.

e.      Dinding terbuat dari pasangan bata atau batako dari campuran 1 semen dan pasir tanpa plester.

f.        Rongga sumur resapan diisi dengan batu kosong 20/20 setebal 20cm.

g.    Penutup sumur resapan dari plat beton dengan tebal 10cm dengan campuran 1 semen, 2 pasir dan 3 kerikil.

 


Cara Pembuatan Sumur Resapan

1.    Buat lubang sumur dengan diameter 80 - 100 cm sedalam 1,5 m. Perlu diperhatikan supaya kedalaman ini tidak mencapai atau melebihi muka air tanah.

  1. Perkuat dinding sumur, gunakan buis beton, pasangan bata kosong (tanpa plesteran) atau pasangan batu kosong. Hal ini supaya menjaga agar dinding sumur tidak gugur dan longsor.
  2. Isi bagian bawah resapan air dengan ijuk yang diletakkan pada bagian paling bawah, kemudian disusul dengan pasir, dan pecahan batu pada posisi paling atas, dimana pecahan batu tersebut disusun secara berongga.
  3. Sisakanlah ruang kosong di atas pecahan batu tersebut sebagai penampung air hujan saat masuk ke sumur resapan sebelum kemudian diresapkan.
  4. Selanjutnya dengan menutup sumur resapan menggunakan plat beton agar tetap aman jika sumur berada di berbagai tempat.
  5. Jika didekat rumah terdapat parit atau selokan maka sumur resapan dapat dihubungkan pada saluran air itu dengan menggunakan pipa. Fungsinya agar ketika hujan deras dan sumur tidak mampu menampung air maka akan mengalir ke parit.

7.     Usahakan agar letak sumur resapan tidak terlalu dekat dengan selokan, setidaknya berjarak 5 meter agar tidak tercemar. Perlu diperhatikan jangan sampai air dari selokan masuk ke dalam sumur resapan melalui pipa penghubung tersebut.

Pada gambar di bawah ini merupakan sumur resapan yang tidak dihubungkan ke parit atau selokan, tetapi juga dapat dihubungkan dengan tambahan bak kontrol yang digunakan untuk memudahkan mengontrol kotoran yang akan masuk ke dalam sumur.

 

(Desain Sumur Resapan, Sumber foto : rumahsae.com)

POJATEK menyewakan pompa air untuk keperluan penghisapan air dan yang sejenisnya dengan kualitas baik dan harga terjangkau. Berikut harga sewa mesin pompa air di POJATEK :

(Harga sewa Pompa Air POJATEK)


Sumber :

https://www.klopmart.com/article/detail/cara-membuat-sumur-resapan

https://www.aetra.co.id/sahabat_aetra/detail/63/Hal-yang-perlu-kamu-tahu-tentang-Sumur-Resapan

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5836989/apa-itu-sumur-resapan-ini-pengertian-fungsi-dan-ukurannya.

 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!

 

Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng