Apa itu Roster? Bentuk, Bahan dan Manfaat Roster bagi Bangunan

Roster merupakan lubang angin yang berfungsi sebagai sirkulasi udara dan cahaya, memiliki varian bentuk dan pola yang unik dengan berbagai macam bentuk menjadikan tampilan ruangan menjadi lebih indah dan menarik. 

Roster memiliki manfaat sebagai partisi dalam ruangan, seperti penyekat antar ruang, dinding tambahan, tempat untuk penaruhan berbagai macam barang dan masih banyak lainya. Tetapi dalam perkembanganya, penggunaan roster tidak hanya digunakan pada dalam ruangan saja tetapi juga digunakan diluar ruangan seperti pagar rumah, tempat penarunah pot, dinding bagian luar rumah dan instalasi luar ruangan lainya.

(Roster; foto dari: buana super)

Kebanyakan roster yang sering kita lihat, memiliki bentuk persegi atau persegi panjang, ukuranya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Tetapi ukuran yang paling umum digunakan adalah 20cm x 20cm, karena ukuran yang simetris membuat proses pemasangan nya lebih mudah.
Selain daripada itu roster juga terbuat dari beragam jenis material dengan memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing, berikut berbagai jenis roster dari berbagai macam materialnya : 

1. Roster Beton

(Roster beton, foto dari: arsiteki.com)

Roster beton adalah salah satu jenis roster yang paling banyak digunakan saat ini. Selain dijadikan lubang angin, corak dari roster yang unik dapat dijadikan penambah keindahan rumah. Rongga yang terdapat pada roster beton berfungsi untuk menghalau teriknya sinar matahari dan menyalurkan udara sejuk kedalam rumah serta menciptakan aksen yang unik pada rumah. Untuk roster beton cocok dijadikan dinding sebagai dekorasi interior antara bagian indoor dan outdoor, yang dapat menghasilkan visual bayangan yang unik jika terkena sinar matahari. 
 

2. Roster Keramik 

(Roster keramik, foto dari: Lazada – Adneymurah)

Roster berbahan keramik memiliki tampilan yang lebih modern dan dapat digunakan sebagai partisi sekaligus dekorasi di dalam rumah. Roster jenis keramik memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan bahan material lainnya. Keunggulannya, material ini memiliki banyak pilihan motif, pola dan warna. Namun perlu hati-hati saat memasangnya, karena kekurangan dari roster ini adalah rentan pecah dan tergores. 
 

3. Roster Tanah Liat

(Roster tanah liat, foto dari:aryogentenggodean )

Tak hanya roster dari beton, tanah liat pun dijadikan favorit banyak orang sebagai roster. Kesannya yang eksotis dengan warna coklat tentu akan menambah keindahan rumah. Sebagian besar, dinding roster tanah liat diterapkan sebagai pintu depan sebagai bagian dari pagar selain itu juga banyak diterapkan sebagai pengganti cendela rumah. Untuk roster tanah liat ini biasanya banyak digunakan oleh orang orang yang memang sudah menggunakan desain rumah yang banyak menggunakan tanah liat sebagai bahan utamanya agar lebih terlihat klasik. Namun, kelemahan tanah liat cenderung cepat pudar, tapi banyak orang yang menggunakan cat untuk mengembalikan warna agar terlihat baru. 
 

4. Roster Batako

(Roster beton, foto dari: instagram.com/nasional_roster)

Dinding roster batako memiliki ciri khas berwarna abu-abu dan plain. Jenis roster ini lebih sering digunakan untuk di bagian luar rumah. Namun dengan penataan yang baik, roster ini juga dapat digunakan sebagai dinding dekorasi di dalam rumah. Tampilannya yang khas, membuat roster batako ini cocok digunakan untuk bangunan bergaya industrial. Meski harganya cukup murah, dinding roster memiliki ketahanan yang baik. 
 
5. Roster GRC

(Roster GRC, foto dari: everest grc)

GRC (glassfibre reinforced concrete) merupakan dinding roster modern yang bisa dibentuk dalam berbagai motif dan pola karena produksinya yang memanfaatkan mesin. Kamu bisa memilih variasi desain roster yang paling sesuai dengan konsep rumah untuk digunakan sebagian eksterior seperti pagar, balkon ataupun di bagian interior sebagai partisi ruangan. GRC memiliki karakter yang kuat tetapi ringan dan tahan lama serta dapat menyalurkan udara dan cahaya matahari dengan optimal. 
 

6. Roster Kayu

(Roster kayu, foto dari: juraganroster.com)

Kayu memiliki banyak sekali kegunaan, kegunaan kayu lainya yaitu digunakan sebagai roster. Roster kayu dapat memberikan kesan klasik pada rumah kalian, selain itu roster kayu juga memiliki banyak pilihan bentuk dan ukuran. Meskipun memiliki tampilan yang unik, kelemahan bahan kayu dapat rentan mengalami pelapukan akibat rayap kayu, untuk mencegah hal itu terjadi pilihlah jenis kayu yang memiliki kualitas yang baik.


MANFAAT ROSTER UNTUK BANGUNAN

(Roster pada bangunan modern, foto dari: kanggo.id)

1. Memudahkan Cahaya Matahari masuk
Kelebihan dinding roster di rumah juga dapat memudahkan masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Dengan begini, rumah menjadi tidak pengap dan lembap. Rumah yang lembap biasanya sering menjadi potensi sarang penyakit. Dinding roster dapat mengatasi tumbuhnya sarang penyakit di rumah kalian.

2. Menambah Keindahan Rumah
Roster yang dipasang menggunakan permainan pola pada rongganya yang dapat menghasilkan visual bayangan yang atraktif. Oleh karena itu tampilan fasad rumah pun terasa lebih ekspresif. Selain itu, roster memiliki bentuk dan motif yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan kalian. 

3. Proses Pemasangan Mudah
Meski terlihat sulit, nyatanya pemasangan dinding roster cukup mudah karena tidak beda jauh dengan dinding biasa. Kemudahan inilah yang membuat dinding ini banyak diaplikasikan ke dalam berbagai jenis bangunan. Dinding yang satu ini cocok digunakan di bangunan seperti gedung, kantor, rumah, ataupun tempat ibadah.

4. Hemat Energi 
Penggunaan roster bisa berdampak baik untuk kelestarian lingkungan. Dengan memanfaatkan potensi cahaya alami, udara, dan angin secara maksimal, kalian telah melakukan penghematan energi di area rumah.




INSTALASI ROSTER PADA BANGUNAN

(Rumah dengan roster beton, foto dari: arsitag.com)

1. Tentukan Perencanaan Pola

Untuk pola pemasangan roster memang cukup bermacam-macam. Bukan hanya membentuk garis lurus atau mendatar saja, namun kalian dapat memasangnya dengan pola lain. Semisal pola horizontal, vertikal, diagonal, L, L berlawanan, T, T terbalik, V, V terbalik, selang-seling dan masih banyak pola lainnya yang dapat kalian terapkan. Keunikan pola pemasangan tentunya juga dapat menambah daya tarik atau tampilannya. Akan tetapi kalian juga harus menyesuaikan pola yang dipilih dengan model roster dan desain rumah secara keseluruhan agar hasilnya maksimal dan menarik untuk dipandang. 

2. Tarik Tali Benang Khusus untuk Roster

Penggunaan benang dalam hal ini sangat diperlukan agar nantinya pemasangan roster dapat lurus, rapi, dan teratur. Penggunaanya dengan menarik benang sesuai pola yang diinginkan dan di sematkan pada arean yang akan dipasangi, sama seperti akan memasangan dinding lainya. Pastikan juga benang sudah benar-benar lurus karena nantinya akan bergantung dengan benang acuan ini. 

3. Pasang Roster Bersamaan dengan Pemasangan Batu Bata

Proses pemasangan roster ini dapat dilakukan bersamaan dengan pemasangan batu bata. Ketika mencapai bagian yang akan dipasangi roster, kalian dapat menghentikan sementara proses pemasangan batu bata. Lanjutkan dengan pemasangan roster ke tempat sesuai dengan pola yang telah direncakan. Bahan perekatnya juga sama, yakni adukan semen. Pada poin ini kalian harus melakukannya dengan hati-hati agar adukan semen tidak menutupi lubang-lubang pada roster.

POJATEK menyewakan berbagai alat teknik dan konstruksi untuk keperluan pemasangan roster maupun kebutuhan rencana pekerjaan konstruksi anda yang lainnya.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat. 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!


Sumber
https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/roster-adalah/
https://www.archify.com/id/archifynow/eksplorasi-desain-bangunan-dengan-roster-beton
https://www.bursabajaringan.com/cara-memasang-roster/

Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng