Mesin Power Trowel, Fungsi dan Penggunaannya di Pekerjaan Konstruksi


Semakin berkembangnya inovasi alat di bidang konstruksi menambahkan daftar berbagai alat yang dapat digunakan untuk membantu proses pembangunan menjadi lebih mudah semakin banyak. Salah satunya mesin power trowel, mesin power trowel merupakan alat yang digunakan untuk meratakan permukaan cor beton. 

Adanya alat ini menjadikan proses perataan cor pastinya akan semakin mudah dan cepat, dan dapat menghasilkan permukaan yang benar benar rata. Selain itu mesin ini juga dapat menghaluskan permukaan batuan keras atau jenis lantai andesit.

 

(Mesin Power Trowel POJATEK)

Melakukan proses penghalusan menggunakan mesin ini akan menghasilkan permukaan cor beton yang lebih rapi, kuat dan awet dibandingkan dengan pengerjaan manual menggunakan tangan. Selain itu penggunaan mesin ini dapat menghemat tenaga kerja dan efisien waktu pengerjaan khususnya untuk area luas seperti lahan parkir, pabrik dan gudang. 

Selain itu mesin power trowel juga memiliki kegunaan dan fungsi lainya seperti :

1. Kegunaan dan Fungsi Mesin Power trowel

1) Menghasilkan permukaan yang rata dan maksimal pada permukaan cor beton

2) Menjaga terjadinya rongga udara pada pemasangan keramik

3) Mempercepat proses perataan dibanding dengan cara manual

4) Aplikasi semen merata sehingga pemakaian bahan lebih ekonomis / terkontrol.

5) Menghaluskan lapisan beton dengan maksimal 

Agar lebih mengenal mesin power trowel atau alat perata cor, perlu diketahui juga bagian bagian dari mesin power trowel. Berikut beberapa bagian dari mesin power trowel :

2. Bagian Bagian Mesin Power Trowel

 

(Bagian-bagian mesin power trowel)


3. Cara Menggunakan Mesin Power Trowel

Setelah mengetahui berbagai bagian dari mesin power trowel, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara menggunakan mesin power trowel. Karena ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui sebelum menggunakan mesin trowel


1) Periksa Kondisi Cor Beton Sebelum Melakukan Troweling

(Proses Trowelling)

Pemeriksaan ini harus benar benar dilakukan sebelum melakukan perataan, pemeriksaan ini dengan mengecek apakah cor beton sudah mengeras atau belum. Jadi saat proses troweling ini jangan melakukan apabila permukaan cor belum mengeras secara sempurna (masih cair) karena hal tersebut dapat mempersulit perataan. Jadi kalian dapat mengecek dengan menginjakan kaki pada permukaan cor, dapat dirasakan apakah permukaan cor masih basah atau sudah sedikit mengering. Karena permukaan yang sedikit mengering menjadi permukaan yang pas untuk melakukan troweling. 

2) Melakukan Proses Floating

(Proses trowel lantai)

Floating adalah proses meratakan permukaan yang sebelumnya naik turun atau banyak memiliki bopeng. Caranya adalah atur kecepatan mesin sampai ¾ dengan mata atau bilah datar agar berat mesin merata pada permukaan tanpa membuat galian pada beton. Kecepatan ini diatur untuk menghindari dan mencegah terjadinya percikan beton yang masih basah pada jalur mesin. Ketika kalian sudah selesai meratakan seluruh permukaan di satu babak, putarlah mesin 90 derajat dari posisimu. Tujuannya untuk kembali meratakan permukaan yang dikhawatirkan masih meninggalkan bekas titik.

3) Selesaikan dengan teknik sealing, closing, dan polishing

(Perataan Cor-Coran dengan Mesin Power Trowel)

Caranya adalah dengan mengalihkan bilah floating ke bilah finishing atau bilah combined untuk menyempurnakan permukaan beton dan menutup pori-pori yang tersisa. Kali ini, jalankan mesin trowel dengan kecepatan teratas dengan bilah sepenuhnya melengkung ke bagian bawah beton. Tujuannya untuk memberikan tekanan tertinggi pada lempeng. Buat sebanyak-banyaknya lintasan pada sudut yang diinginkan untuk mendapatkan hasil yang mengkilap. 


Tonton juga : Cara Pengoperasian Mesin Power Trowel Untuk Cor Beton


Itu tadi sedikit penjelasan agar lebih mengenal mesin power trowel dengan berbagai kegunaan dan fungsi serta cara menggunakan mesin power trowel. Pastinya kalian akan membutuhkan alat ini saat sedang melakukan pengecoran agar hasilnya dapat lebih maksimal.

Apabila kalian membutuhkan mesin power trowel untuk meratakan permukaan cor beton POJATEK menyewakan mesin power trowel dengan harga terjangkau. Berikut daftar harga sewa mesin power trowel di POJATEK :

Daftar harga sewa mesin trowel

(Harga sewa trowel di POJATEK)


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat. 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!


Sumber : https://www.teknikmart.com/blog/mengenal-fungsi-dan-kegunaan-power-trowel/

http://saranamutu.co.id/cara-menggunakan-mesin-trowel/


Comments

Popular Posts

Segregasi pada Beton Cor : Jenis, Penyebab Segregasi dan Solusi

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA