Inspirasi Dapur Nyaman untuk Momen Ramadhan, Buka Bersama dijamin Aman

Ramadhan dan Puasa kembali hadir untuk kita jalani bersama, juga dengan berbagai kebersamaan dengan Buka Puasa bersama orang-orang yang terkasih. Tak dapat disangkal bahwa dapur menjadi suatu tempat penting yang paling disoroti di bulan Ramadhan. Bukan sekedar sebagai tempat untuk memasak atau menyimpan peralatan memasak saja, namun juga sebagai tempat penuangan ide dan kreasi dalam proses membuat hidangan terbaik bagi orang-orang terkasih.

Sekalipun beberapa orang menganggap mendesain dapur adalah hal yang mahal atau bisa ditunda, tapi nyatanya dapur yang didesain dengan baik dapat meningkatkan kenyamanan para penghuni rumah. Sebagai tempat eksplorasi rasa dan kebersamaan, dan tempat untuk mengolah makanan yang masuk ke perut supaya semua anggota keluarga tetap sehat dan bugar.

Tentu saja untuk membuat desain dapur yang nyaman, ukuran area dapur perlu ditentukan. Selain itu, apakah dapur akan dibuat full indoor atau outdoor perlu ditentukan agar dapat diperhitungkan sirkulasi udara keluar masuk ketika proses memasak dilakukan. Kelebihan dari dapur semi outdoor adalah ruangan tidak akan terasa pengap karena aroma masakan bisa mengalir keluar di halaman sekitar dan dengan adanya pepohonan maupun bunga akan membantu menetralisir aroma masakan, ini patut dipertimbangkan apabila anda memiliki halaman yang cukup luas. Namun apabila lahan yang dimiliki terbatas, maka desain dapur yang sederhana dan tata ruang yang tepat dapat menimbulkan kesan dapur yang rapi dan bersih.

Faktor selanjutnya yang mendukung terciptanya dapur yang nyaman adalah pemilihan warna cat, dan juga penempatan berbagai furnitur. Berikut beberapa inspirasi yang dapat dijadikan referensi untuk desain dapur yang nyaman :

1. Desain terbuka/outdoor


(Dapur Outdoor terpisah; sumber: pinterest.com)

Desain dapur terbuka/out door pastinya sudah tidak jarang lagi, sudah banyak rumah yang memilih desain dapur yang terbuka. Biasanya desain ini akan digabungkan dengan taman bahkan halaman belakang, hal ini dilakukan agar nuasa yang berada di dapur lebih segar karena juga dapat melihat tumbuhan dan area sekitar. Dukung dengan desain perabotan ala rustic dengan tatanan kayu dan batu bata yang klasik agar dapat menambah kesan hangat dan ramah.

(Desain dapur outdoor ala zen, Sumber: mrdirectint.com)

Sedikit inspirasi gaya jepang juga bisa dipadukan untuk menambahkan kesan modern namun tetap ramah lingkungan dan nyaman. 

 

(Desain dapur dekat dengan taman, sumber: pinterest.com)


Tambahan akses menuju taman yang hijau juga dapat menambah kenyamanan pemakainya, apalagi jika di rumah memiliki berbagai tanaman yang bisa dikorporasikan dengan masakan.

2. Desain dapur indoor 

Dapur indoor adalah dapur yang paling banyak dipilih secara lokal, mengingat keuntungannya adalah akses jarak yang dekat dan cepat, serta aman dari potensi serangan serangga yang cukup menjadi perhatian di negara tropis, maupun hewan liar seperti tikus, tupai, biawak, kadal, dan yang sejenisnya.

Dapur Indoor
(Dapur indoor dengan desain sirkulasi udara berventilasi, sumber: rangecraft.com)


Kunci utama untuk menekankan kesan ruangan yang bersih dan luas adalah pada pemilihan perabotan penyimpanan yang bisa memaksimalkan berbagai peralatan bisa disimpan dengan aman.

(Dapur indoor minimalis, Sumber: @dapur_diaries)

Penambahan gantungan, rak dan lemari gantung juga bisa dipertimbangkan untuk menaruh peralatan masak dan bahan-bahan masakan agar lebih tersusun rapi dan tidak berserakan di banyak tempat.

(Dapur indoor dengan kitchen set, sumber: twitter.com/ariananatashas) 

 Kitchen set atau kitchen counter dapat diatur sesuai dengan kebiasaan memasak, dan penambahan wallpaper pada bagian belakang counter dapat memberi kesan menarik sekaligus melindungi dinding dari resiko terkena percikan atau cipratan kotoran saat memasak.

(Dapur dengan Kitchen Counter, Sumber: @instagram/interiorest)


3. Inspirasi desain dapur dengan berbagai pilihan warna

Ada banyak sekali warna yang dapat digunakan untuk mendesain dapur tetapi terdapat beberapa kombinasi warna yang bisa dikombinasikan dengan tepat untuk menambah nilai estetika ruang dapur.

a. Warna putih

 Warna putih merupakan warna netral yang dapat dikombinasikan dengan berbagai macam warna, dan hasilnya tidak akan menjadi perpaduan yang aneh.

(Dapur nuasa putih, sumber: pinterest.com)

b. Warna abu abu

Dapur dengan nuasa abu-abu memberikan kesan sederhana, namun apabila dikombinasikan dengan perabotan yang tepat tentu bisa menambahkan kesan modern yang ringkas. Warna ini juga banyak dipilih karena bisa dikombinasikan dengan warna lain dan memberi kesan dinding tidak mudah kotor.

 

(Dapur nuasa warna abu-abu, sumber: pinterest.com)

c. Warna krem

Dapur dengan nuasa warna krem atau bahasa kerennya "nude" membawa kesan dapur yang hangat dan dapat menjadikan penghuni rumah betah untuk berlama-lama menghabiskan waktu di dapur.

(Dapur dengan nuasa warna krem, sumber: Edupaint.com)

d. Warna biru laut

Berkebalikan dengan warna-warna sebelumnya, warna biru laut pada dapur menjadikan dapur sebagai tempat yang sejuk untuk melarikan diri dari panasnya udara di luar dan beristirahat sambil memasak dengan tenang.

(Dapur dengan nuasa warna biru laut, sumber: kohler.com)

e. Warna hitam

Dapur dengan warna hitam yang dominan memberikan kesan berani dan profesional pada ruangan, sehingga menjadikan pemiliknya bisa berlama-lama mengeksplorasi berbagai cita rasa masakan.

(Dapur dengan nuasa warna hitam, sumber: arsitag.com)

Dapur yang nyaman tentunya akan mendukung produktivitas dan kesehatan para penghuni rumah. Apabila kalian tertarik untuk menata dapur dengan berbagai kombinasi warna, POJATEK menyewakan kompresor untuk pekerjaan pengecatan, juga berbagai macam alat pertukangan seperti gergaji kayu, mesin amplas, tangga, sampai alat potong granit untuk mendukung kreativitas anda.

POJATEK menyewakan berbagai alat teknik dan konstruksi untuk keperluan pemasangan roster maupun kebutuhan rencana pekerjaan konstruksi anda yang lainnya.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat. 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!


Comments

Popular Posts

Segregasi pada Beton Cor : Jenis, Penyebab Segregasi dan Solusi

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA