Apa itu Concrete Vibrator? Alat yang Berperan Penting dalam Proses Pengecoran Beton

Concrete Vibrator atau yang disebut sebagai mesin vibrator cor, adalah alat yang memiliki peran penting dalam proses pengecoran. Vibrator cor bekerja dengan memberikan getaran melalui selang yang terhubung pada mesin, sehingga tidak ada ruang udara yang tersisa pada saat pengecoran, maka kerapatan dan kepadatan cor akan lebih berkualitas karena tidak ada rongga-rongga atau celah kosong yang tidak terisi beton cor.



Fungsi dan Kegunaan Mesin Vibrator Cor

1. Mengeluarkan Gelembung Udara didalam Campuran Adukan Cor 

Saat sedang melakukan pencampuran adukan cor, terdapat gelembung udara yang berapa pada adukan cor. Hal tersebut membuat kepadatan cor menjadi berkurang karena adanya udara yang terjebak di dalamnya. Jika hal ini dibiarkan saja kemungkinan besar cor coran menjadi kurang kuat dan beberapa sambungan yang tidak terisi beton akan mudah keropos, sehingga vibrator cor berperan penting dalam proses pengecoran karena getaran yang dihasilkan dapat membantu mengeluarkan gelembung udara pada campuran adukan cor. 


(Concrete Vibrator POJATEK mesin bbm bensin)

2. Mencegah Cor Beton Mudah Ambles 

Akibat dari gelembung udara atau bentuk rongga rongga yang terbentuk pada cor beton yang dapat menyebabkan cor benton menjadi mudah ambles. Dengan menggunakan vibrator cor berarti sama saja mencegah terjadinya ambles pada cor beton. 

(Concrete Vibrator POJATEK mesin elektrik MIKASA)

3. Cor Beton Menjadi Lebih Padat

Selain menghilangkan gelembung, vibrator cor juga berfungsi memadatkan adukan cor yang dituangkan, bagian bagian terkecil dan sulit dijangkau juga akan terkena campuran cor jadi akan lebih merata. Dengan hal itu hasil cor-coran akan lebih padat dibandingkan jika pengecoran tidak melibatkan vibrator cor.

(Vibrator Cor POJATEK)

POJATEK menyewakan concrete vibrator dengan mesin bbm bensin maupun mesin vibrator cor listrik untuk area Jogja dan sekitarnya, alat berkuialitas dengan harga terjangkau. Bagaimana memilih mesin vibrator yang sesuai dengan kebutuhan anda? Berikut beberapa informasi yang dapat anda pertimbangkan untuk memilih peralatan sewa di POJATEK.

1. Vibrator Mesin BBM Bensin


Vibrator cor bensin merupakan alat yang paling sering digunakan ditempat pembangunan atau pengecoran, karena penggunaanya menggunakan bahan bakar bensin jadi vibrator bensin dapat dengan mudah berpindah termpat tanpa memikirkan panjang pendek stop kontak yang akan digunakan. 

Penggunaan mesin vibrator cor bensin ini dilakukan oleh setidaknya 2 orang atau lebih, di mana 1 orang berperan untuk mengatur mesin kemudian 1 orang lagi atau dengan yang lainnya dapat mengatur arah getaran selang vibrator.

2. Vibrator Listrik Portable


Vibrator cor elektrik tangan memiliki fungsi yang sama dengan vibrator cor bensin dan vibrator cor elektrik, hanya saja vibrator elektrik tangan ini memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih praktis apabila digunakan. Cukup satu orang untuk menggunakanya, pemindahan juga lebih mudah karena ringan cukup diangkat menggunakan tangan. Ini merupakan pilihan menarik apabila anda ingin melakukan pengecoran dan melibatkan vibrator cor dengan lebih praktis.

Listrik yang dibutuhkan untuk menggerakkan alat ini hanya 800Watt sehingga alat ini bisa digunakan oleh berbagai kalangan bahkan untuk rumah pribadi sekalipun. Selain itu desainnya yang ringkas membuat alat ini mudah dipindahkan dan anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk BBM.

3. Vibrator Elektrik Mikasa

Vibrator cor elektrik yang satu ini biasanya digunakan untuk pembangunan atau proses pengecoran dengan skala yang berbeda seperti pembangunan gedung bertingkat. Vibrator listrik ini memerlukan daya listrik yang cukup besar, yaitu sekitar 7000 Watt dengan voltase 380 Volt untuk dapat bekerja dengan baik.

Selang dari vibrator jenis ini panjang sehingga memungkinkan untuk pekerjaan pengecoran di area yang luas selesai dalam waktu yang lebih cepat. Ukuran kepala selang yang beragam juga menjadi faktor pemilihan karena dapat disesuaikan dengan area rongga-rongga yang akan diisi dengan beton cor. Vibrator jenis ini dioperasikan oleh setidaknya 2-3 orang untuk penanggung jawab mesin dan 2 orang lainnya atau lebih bisa mengatur arah gerakan selang. Vibrator ini dilengkapi dengan roda untuk membantu proses pemindahan alat ke area pengecoran dan dapat bekerja dengan 2 selang sekaligus. 

Ketiga jenis vibrator cor di atas memiliki karakteristiknya masing masing,yang dapat kita sesuaikan dengan pekerjaan kita. Walaupun memiliki bentuk, ukuran dan cara penggunaan yang berbeda; ketiga alat ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk memadatkan cor beton dan menghilangkan gelembung udara yang terjebak di dalam campuran adukan cor, agar hasil cor-coran dapat lebih maksimal dan tidak mudah ambles dan tentunya meningkatkan kualitas beton artinya adalah mendapatkan bangunan yang kokoh dan tahan lama.

Berikut harga sewa concrete vibrator atau mesin vibrator cor di POJATEK:

(Harga sewa vibrator cor POJATEK)

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

 Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!





Comments

Popular Posts

Segregasi pada Beton Cor : Jenis, Penyebab Segregasi dan Solusi

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA