Tetap Lancar Menggarap Proyek Bangunan di Musim Hujan




Adalah merupakan tantangan tersendiri untuk dapat mengerjakan proyek bangunan dengan tepat waktu dan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Berbeda ketika musim kemarau, di mana jadwal pengerjaan jarang akan keluar dari target kecuali ada hal-hal di luar dugaan. Hujan yang turun tiba-tiba, atau tidak dapat memprediksi kapan waku yang tepat dapat memulai dan melanjutkan kembali pekerjaan konstruksi, adalah beberapa hal yang menjadi hambatan dalam pengerjaan proyek bangunan di musim hujan. Bukan berarti tidak disarankan mengerjakan proyek bangunan di musim hujan, namun diperlukan strategi-strategi tertentu untuk dapat menggarap proyek bangunan dengan lancar. Mari kita perhatikan faktor-faktor yang dapat menjadi strategi pengerjaan proyek bangunan di musim hujan:

1. Keselamatan

(https://sistemmanajemenkeselamatankerja.blogspot.co.id/2013/10/alat-pelindung-diri-apd.htm)

Mengenakan Alat Perlindungan Diri (APD) yang sesuai, sangat penting dan wajib untuk dilakukan, tidak hanya ketika bekerja di musim hujan, namun juga di musim kemarau. Pekerja konstruksi yang bekerja ketika hujan perlu mengenakan pelindung kepala, baik helm maupun helm dengan tambahan penerangan untuk memperjelas obyek pengerjaan dalam kondisi hujan berkabut dan gelap. Jas hujan juga diperlukan untuk mencegah pekerja basah kuyup karena hujan, dan menghindari resiko pekerja sakit sehingga menyebabkan keterlambatan pengerjaan. Sepatu bot perlu digunakan agar pekerja tidak terpeleset dengan medan kerja yang basah, untuk menghindari kecelakaa kerja.
Pengerjaan proyek di lapangan terbuka maupun di tempat tinggi yang melibatkan alat-alat dari logam yang beresiko memancing sambaran petir, disarankan melakukan instalasi alat anti petir. Alternatif lain yang dapat dilakukan memasang perlindungan,seperti tenda sementara untuk tempat-tempat yang pelu dilindungi dari curah hujan yang tinggi.

2. Waktu

(https://calendar2019i.com)


Membuat jadwal pengerjaan proyek dengan melihat perkiraan cuaca dari BMKG, cuaca hari penerjaan akan cerah atau hujan pada jam tertentu dan penetapan waktu kerja dengan acuan tersebut dapat membantu meningkatkan efektivitas pengerjaan proyek, penyusunan jadwal yang tepat membuat para pekerja mampu menggunakan waktu dengan lebih efisien.

3. Bahan Bangunan

(http://www.concretedecor.net/decorativeconcretearticles)


Menggunakan bahan bangunan berkualitas dan yang tidak mudah lembab seperti beton tahan air, ataupun cat pelapis anti bocor, disarankan terutama ketika proyek dikerjakan di musim hujan. Penempatan bahan bangunan juga perlu diperhatikan agar disimpan dan ditaruh di tempat yang aman, bahan-bahan seperi kayu, batu bata perlu disimpan agar tidak tergenang air dan terhindar dari air maupun kelembapan yang tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan atau kecacatan pada bahan-bahan bangunan yang akan dipakai tersebut.

4. Sumber Daya Manusia

(http://sketchup3dconstruction.com)


Mengacu kepada imbauan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2018 untuk meningkatkan kualitas sumber daya alam, para pekerja konstruksi sebaiknya perlu mendapatkan sertifikasi. Pemberian edukasi, pelatihan dan pembekalan para pekerja konstruksi, juga sumber daya manusia di bidang di bidang keselamatan kerja K3 perlu dilakukan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tenaga kerja, untuk dapa terus bekerja dengan baik dalam kondisi apapun.

Keempat hal di atas dapat dijadikan referensi untuk penyusunan strategi pengerjaan proyek di musim hujan agar tetap dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan target yang diharapkan.

Pokoh Jaya Teknik menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang pas. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di Facebook, Twitter,Instagram dengan ama “Pokoh Jaya Teknik” untuk info-info menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.
Pokoh Jaya Teknik – Help Your Work!



Sumber :
http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/11/13/kementerian-pupr-kembali-sertifikasi-pekerja-konstruksi
http://www.ilmusipil.com/mengerjakan-proyek-bangunan-saat-musim-hujan

Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng