Cara Memasang Wallpaper Rumah Mudah, Mandiri dan Hemat

Selama pandemi covid19, terjadi beberapa perubahan yang membuat kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Aktivitas seperti bekerja dan sekolah yang pada umumnya dilakukan di luar, harus dilakukan secara daring dari rumah. Hal ini membuat rumah yang tadinya sering ditinggalkan , menjadi sorotan selama kegiatan belajar atau bekerja secara online yang mengharuskan tatap muka. Akibatnya muncul tren dekorasi rumah mandiri, selain karena pembatasan kontak sosial untuk antisipasi penyebaran virus covid19, menata rumah merupakan kegiatan yang dapat dilakukan untuk menyalurkan tenaga dengan baik bagi seluruh anggota keluarga yang nantinya menjadikan rumah sebagai tempat yang nyaman dan indah bagi seluruh anggota keluarga.

 

(Ruang Belajar, photo by: Len's Decor)

Untuk memasang wallpaper rumah secara mandiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

Tentukan luas bidang yang akan ditutup dengan wallpaper. Ukur panjang dan lebar ruangan untuk  menentukan jumlah material yang diperlukan yaitu:

Wallpaper

Wallpaper yang dijual di pasar memiliki ukuran yang beragam, yang paling umum ditemui adalah 45cmx10m yang dijual per gulung (roll). Selain itu ada juga wallpaper yang dijual per 5 meter maupun 1 meter. Jenis wallpaper 3D dengan motif bata adalah yang sedang popular saat ini, biasa ditemui dengan ukuran 70cmx77cm. Dengan menentukan jenis wallpaper yang akan dipasang kita dapat menghitung jumlah wallpaper dan biaya yang diperlukan.

(Kamar Tidur, photo by: Len's decor)


Tentukan tema dan konsep dari dekorasi ruangan, pemasangan wallpaper dengan motif yang tidak sama memerlukan dekorasi tambahan agar menjadi harmonis. Pilih 1 motif yang paling sesuai dengan konsep ruangan (minimalis, berwarna, natural).

Lem Wallpaper

Lem wallpaper digunakan supaya wallpaper yang dipasang dapat merekat sempurna dan lebih tahan lama daripada wallpaper yang dipasang tanpa lem khusus wallpaper. Bahan ini dapat diperoleh di toko bangunan maupun toko wallpaper. Jangan lupa siapkan kuas untuk mengoleskan lem wallpaper.

Tangga

Tangga digunakan untuk mencapai bagian dinding yang tinggi, gunakan tangga lipat atau tangga dengan pijakan yang nyaman untuk dapat menjangkau ketinggian dengan aman. Jika tidak memiliki tangga, kursi dapat menjadi alternatif, tentu saja dengan tetap memperhatikan posisi pijakan.

(Tangga Lipat POJATEK)


Gunting, Penggaris dan pensil

Pensil digunakan untuk menandai bagian wallpaper yang akan digunting dan disambung dan dan  penggaris untuk mengukur titik sambungan dari wallpaper. Wallpaper dengan motif garis atau kotak-kotak akan terlihat kurang nyaman dipandang apabila tidak disusun secara simetris.

Roller Cat

Roller cat bisa jadi alat yang sangat membantu, terutama saat memasang wallpaper gulungan (roll). Sesuaikan lebar permukaan roller dengan lebar wallpaper yang akan dipasang. Selain membantu aplikasi wallpaper, roller dapat digunakan untuk mengoleskan lem pada bagian dalam wallpaper.

Kertas Amplas

Kertas amplas digunakan untuk meratakan permukaan dinding yang menonjol atau jika tedapat sisa cat yang mengelupas dapat diratakan dengan cara digosok dengan kertas amplas.

POJATEK menyewakan mesin amplas untuk mempermudah proses penghaluskan permukaan benda kerja dengan harga terjangkau:


Setelah semua peralatan selesai disiapkan, barulah kita dapat memulai pemasangan wallpaper.

Tutorial pemasangan wallpaper:

1. Bersihkan permukaan dinding yang akan dipasang wallpaper

Pastikan permukaan dinding yang akan dipasang wallpaper sudah bersih. Jika terdapat noda atau kotoran dapat dibersihkan terlebih dahulu. Apabila tedapat lubang sebaiknya lubang ditambal terlebih dahulu menggunakan dempul, jika ada permukaan yang menonjol perlu dihaluskan dengan cara diamplas. Pastikan dinding benar-benar kering sebelum mulai pengerjaan wallpaper.


(Pembersihan dinding, photoby: bhg.com)

2. Mulai aplikasi wallpaper dari sudut ruangan

Memulai dari sudut ruangan adalah trik supaya pemasangan wallpaper dapat berkesinambungan dengan simetris sampai ke ujung ruangan lainnya. Sesuaikan motif dengan ukur jarak antar wallpaper dengan penggaris, tandai dengan pensil supaya garis tidak terlalu mengganggu pemandangan. Gunakan tangga untuk menjangkau bagian yang tinggi. 

POJATEK menyewakan tangga lipat untuk membantu pengaplikasian wallpaper maupun berbagai keperluan rumah tangga lainnya. 


Baca juga  : Keuntungan Sewa Tangga di POJATEK

Jika terdapat sambungan kabel atau tempat saklar, tandai area supaya pemasangan wallpaper dapat dilanjutkan dengan memperkirakan potongan wallpaper yang akan disesuaikan.

3. Tempelkan wallpaper pada permukaan dinding

Aplikasikan lem pada bagian dalam wallpaper yang akan direkatkan ke dinding, hati-hati supaya wallpaper tidak menggulung. Wallpaper dapat mulai ditempelkan dari atas ke bawah, pastikan tidak ada bagian yang menggelembung. Jika muncul semacam gelembung, geser ke samping kanan dan kiri supaya angin dapat keluar melalui celah yang belum rapat. Jika ada bagian yang belum rapat, oleskan lem dari celah, lalu ratakan mulai dari bagian tengah kertas ke sisi luar untuk membuang celah angin.

(Pemasangan wallpaper, photoby: teahub.io)


Ulangi proses menempelkan wallpaper ke samping secara bertahap dengan mengikuti patokan penanda sambungan. Untuk merapikan bagian sambungan kabel atau saklar, tempelkan wallpaper secara bertahap dalam bentuk potongan-potongan kecil. Jika sudah selesai, ratakan wallpaper dengan roller atau penggaris untuk meratakan wallpaper secara menyeluruh dan angkat sisa lem apabila terdapat residu lem menggunakan penggaris.

Selain untuk memperindah rumah tinggal, kegiatan mendekorasi rumah dengan menggunakan wallpaper dapat menjadi aktivitas penyalur stress selama di rumah dan kegiatan kerja bakti yang melatih keterampilan. POJATEK menyewakan berbagai alat teknik untuk mendukung kegiatan renovasi dan dekorasi rumah anda. 


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!

 

 

Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng