Tips Memilih Talang Air Terbaik untuk Rumah Tempat Tinggal

       Memasuki musim penghujan, kebutuhan tempat tinggal yang aman untuk berteduh meningkat. Sehingga talang air menjadi salah satu hal yang paling banyak diperhatikan saat musim hujan. Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas jenis-jenis talang air yang umum digunakan, kali ini kita akan membahasa bagaimana memilih talang air yang terbaik untuk rumah tinggal anda, bahkan mungkin gedung kantor dan bangunan lainnya. Beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu:

(Talang air; foto dari: commons.wikipedia.org)

     1. Menentukan Ukuran Talang Air

Sebelum melakukan instalasi talang air, penting untuk menghitung ukuran talang air yang dibutuhkan agar dapat menampung air hujan secara maksimal. Jika ukuran talang air terlalu kecil, saluran air akan mengalami kelebihan beban dan tidak jarang menjadi penyebab kerusakan pada struktur rumah. Pertimbangan ukuran atap dan curah hujan di area tempat tinggal perlu dilakukan agar mendapat ukuran yang tepat namun juga secara desain tidak mengganggu nilai visual. Untuk menyalurkan air hujan biasanya dibutuhkan talang pipa air hujan berdiameter minimal 3 inchi dan diteruskan pada talang horizontal dengan kemiringan 0,5 sampai 1%.

(Talang air; foto dari: pixabay.com)

Kapasitas talang akan disesuaikan dengan kemampuan konstruksi rumah dan bentuk atap. Pada umumnya, rata-rata dalam menghitung besar kapasitas pipa air hujan adalah dengan menerapkan standar sebagai berikut:

·         Diameter 3 inci untuk volume air 255 liter/menit

·         Diameter 4 inci untuk volume air 547 liter/menit

·         Diameter 5 inci untuk volume air 990 liter/menit

·         Diameter 6 inci untuk volume air 1610 liter/menit

·         Diameter 8 inci untuk volume air 3470 liter/menit

Semakin besar ukuran diameter talang air, maka semakin besar pula debit air yang mampu disalurkan, akan tetapi, pertimbangan dari segi konstruksi adalah hal yang penting. Pastikan berat beban mampu ditopang oleh konstruksi rumah.

2. Menentukan Lokasi Talang Air

L    Lokasi talang air yang dimaksud adalah posisi talang (secara horisontal dan vertikal) untuk kemudian air dapat disalurkan ke bawah atau menuju ke sumur resapan (jika ada). Selain itu, pemanfaatan talang air dan instalasi sumur resapan akan meningkatkan efektifitas penampungan air yang berdampak positif bagi lingkungan. Setelah memilih ukuran talang yang sesuai, perhatikan apakah kebutuhan pemasangan talang air horisontal melebihi 12 meter, jika masih dalam jangkauan maka talang vertikal dapat dipasang di ujung-ujung talang air, jika lebih maka talang vertikal bisa diletakkan di tengah sambungan keluar (corong) saluran talang air horisontal.

(Talang air dengan posisi talang vertikal di tengah; foto dari: ootravaux.fr)

     Ukur titik sambungan dan kemiringan talang vertikal, sambil mengukur pastikan bagian lis atap tidak ada kerusakan atau pelapukan. Siapkan pengikat atau penopang talang berbentuk U agar instalasi talang air lebih kokoh, pilih jenis gantungan sesuai kebutuhan dan desain.

3. Menentukan Model Talang Air

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya pada artikel : JENIS - JENIS TALANG AIR 

Bedasarkan jenisnya talang air dikelompokkan menurut bahan materialnya dan secara bentuk ada beberapa bentuk talang air yang dapat anda pilih sesuai kebutuhan anda. Talang air yang terbuat dari bahan dasar PVC atau plastik pada umumnya lebih ringan dan tidak akan menimbulkan suara berisik saat hujan, akan tetapi kelemahannya adalah talang air ini rawan pecah, sehingga apabila terdapat retakan, sebaiknya talang air segera diganti.

(Talang air dengan warna senada dengan desain rumah; foto dari: flickr.com)

Berbeda dengan talang logam, ada beberapa bentuk yang cukup fleksibel dan tidak mudah berlubang kecuali sudah mulai muncul karat pada talang air. Maka dari itu sebelum memasang talang yang terbuat dari logam, ada baiknya melakukan pengujian kebocoran dan pelapisan anti karat. Sedangkan talang air yang terbuat dari beton memang cenderung lebih awet apabila sudah dilapisi cat anti bocor untuk beberapa tahun, akan tetapi perencanaan instalasi yang detail menjadikan harganya tidak murah. Untuk nilai estetika, talang air dapat dicat sesuai keinginan agar mengikuti tema dan konsep rumah atau tempat tinggal anda. 

POJATEK menyewakan tangga lipat untuk membantu pekerjaan instalasi talang air di rumah anda, dengan harga terjangkau, sehingga pekerjaan anda dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Berikut harga sewa tangga lipat di POJATEK

(Harga sewa tangga lipat di POJATEK)

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!



Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng