Mengenal Epoxy Lantai, Kelebihan dan Kelemahannya

Perubahan inovasi teknologi seperti pada bidang konstruksi berpengaruh kepada pola pikir dan selera masyarakat, seperti halnya epoxy lantai yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat, baik untuk bangunan dengan fungsi guna pemakaian umum, maupun pada rumah tinggal pribadi. Epoxy merupakan material pelapis lantai yang terbuat dari bahan campuran resin dan bahan pengeras (poliamina), sehingga menimbulkan reaksi kimia yang menyebabkan material epoxy mengeras seperti sebuah plastik yang kaku, sehingga mampu melindungi lantai dari gesekan atau benturan dengan benda keras, dan mampu melindungi dengan daya tahan yang lama.

(Epoxy lantai dekoratif, sumber foto: maggiescarf.com)

Epoxy lantai biasanya memiliki ketebalan minimal 2 mm atau 2000 microns, untuk ketebalan di bawah 2 mm biasanya hanya disebut sebagai epoxy coating saja, yang membedakan adalah campuran bahan, ketebalan dan daya tahannya yang lebih rendah daripada floor epoxy

Epoxy lantai sendiri ada beragam jenisnya sesuai dengan kebutuhan dan fungsi yang diharapkan, ada epoxy lantai yang didesain khusus untuk lantai yang sering dilewati kendaraan dan alat berat ada juga, yang juga memberikan efek lantai tidak terlalu licin. Kemudian untuk lapisan beton epoxy lantai jenis tertentu dapat memberikan perlindungan dari listrik statis.

Epoxy lantai coat
(Proses persiapan epoxy lantai, sumber foto: istockphoto.com)


Kelebihan dari aplikasi epoxy lantai adalah sebagai berikut:

1. Membuat permukaan lantai rata 

(Lantai epoxy dengan permukaan yang rata, sumber foto: surfex.com)

Aplikasi epoxy lantai pada keramik dapat menjadikan permukaan lantai rata dengan ruang pada garis sekat antar keramik, sehingga meningkatkan nilai estetika bangunan dan ruangan. Jenis epoxy 3D epoxy coating dapat dikreasikan sesuai keinginan penyewa untuk fungsi estetika dan sekaligus melindungi lantai dari goresan-goresan ringan dan zat-zat berbahaya seperti cairan kimia dan lain sebagainya.

2. Menambah kesan bersih dan mewah pada lantai

(Efek mengkilap epoxy lantai, sumber foto:marylandconcretedesign.com)

Hasil dari aplikasi epoxy lantai biasanya memberikan kesan metalic atau mengkilap, sehingga menimbulkan kesan lantai mewah dan dipelihara dengan baik. Selain itu epoxy lantai membuat lantai terlindungi dari berbagai kotoran yang menempel, dan membuatnya lebih mudah dibersihkan. Celah-celah pada sambungan keramik atau granit juga lebih bersih karena tidak ada kotoran yang tersangkut di antaranya, dan meminimalkan resiko lantai berjamur maupun berlumut.

3. Memperpanjang masa pakai lantai

Lantai yang sudah dilapisi dengan epoxy biasanya akan berumur lebih panjang, aplikasi epoxy lantai pada lapangan basket melindungi garis-garis batas lapangan dari paparan sinar matahari sehingga tidak mudah pudar. Beberapa jenis epoxy lantai juga melindungi lantai dari beban berat seperti pelatan berat di gudang (self-dipersing floor epoxy).

4. Melindungi lantai dari bahan bersifat korosif dan kimia, bahkan listrik statis

(Epoxy lantai pabrik manufaktur, sumber foto:associatedconcretecoatings.com)

Epoxy lantai dapat melindungi lantai dari bahan-bahan yang bersifat korosif sehingga dapat merusak lantai, sehingga laboratorium, pabrik, pada umumnya memilih untuk mengaplikasikan epoxy lantai sebelum menggunakan ruangan untuk bekerja. Selain itu jenis epoxy anti-static floor expoxy, dapat digunakan untuk melindungi orang yang ada di dalam ruangan dari resiko terkena arus listrik statis.

5. Menghemat biaya perawatan lantai

Kerusakan pada granit atau keramik yang terlanjur terjadi, seperti noda yang tidak bisa dibersihkan membuat desain lantai tidak dapat diselamatkan, sehingga harus banyak dibongkar, apabila menggunakan epoxy lantai, biaya pemeliharaan tidak perlu dikeluarkan dan biaya perawatan dapat diminimalkan sebatas perawatan kebersihan rutin saja.

Kelemahan aplikasi epoxy lantai, antara lain:

1. Epoxy lantai sulit dibongkar atau dimodifikasi

(Proses epoxy lantai, sumber foto: istockphoto.com)

Setelah diaplikasikan, epoxy lantai tidak dapat diganti desain dengan mudah, oleh karena itu sebelum mengaplikasikan epoxy lantai, pastikan desain, pilihan warna dan fungsi sudah sesuai dengan apa yang diharapkan ke depannya untuk jangka waktu yang panjang.

2. Biaya aplikasi epoxy lantai cenderung mahal

Tidak dapat dipungkiri untuk mendapatkan hasil yang baik, ada harga yang harus dibayar. Meskipun demikian, saat ini sudah tersedia berbagai macam jenis dan merk epoxy untuk aplikasi epoxy lantai sesuai budget pekerjaan anda.

3. Persiapan aplikasi epoxy lebih rumit

(Persiapan epoxy lantai, sumber foto: istockphoto.com)

Persiapan untuk epoxy lantai memerlukan perhitungan yang tepat, meliputi jumlah bahan yang dibutuhkan, desain yang harus benar-benar matang, dan juga perlunya tenaga ahli dalam aplikasi epoxy lantai agar hasilnya tidak bergelombang dan rata sempurna. Selain itu epoxy lantai rata-rata berbau tajam sehingga harus ditangani dengan hati-hati agar tidak menimbulkan gejala keracunan.

POJATEK menyewakan alat peomotong granit atau keramik mulai dari ukuran 10-80 cm berkualitas dengan harga yang terjangkau untuk melengkapi persiapan penataan interior bangunan atau rumah anda. Berikut harga sewa alat potong keramik atau granit di POJATEK:

(Harga sewa alat tile cutter di POJATEK)


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Work!


Comments

Popular posts from this blog

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

Persewaan Bor dan Alat Teknik-Konstruksi Area Jogja Jateng