Pompa Air - Jenis Pompa air dan Kegunaannya

Pompa air merupakan alat atau mesin yang digunakan untuk membantu pemidahan air dengan cara dihisap dan dipindahkan ke tempat lain menggunakan mekanisme mesin pompa. Jenis pompa air yang paling banyak diketahui semua orang adalah pompa air yang digunakan dalam rumah tangga yang biasanya terdapat pada sumur yang digunakan untuk membantu air masuk ke dalam drum air dan dialirkan melalui kran yang biasanya kita gunakan sehari hari seperti mandi, cuci piring, cuci baju dan masih banyak kegunaanya lainya.


Tanpa adanya pompa air pastinya kita kesulitan untuk mendapatkan air, sama seperti metode tradisional yang masih menggunakan cara manual untuk mengambil air dari sumur. Tetapi apakah kalian tahu sebenarnya pompa air memiliki banyak jenis dan kegunaanya masing masing? Berikut 5 jenis pompa air beserta dengan kegunaanya:

1. Pompa Air Sumur Dangkal

Jenis pompa air yang pertama adalah pompa air sumur dangkal, pompa air ini hanya digunakan untuk penggunaan yang ringan, karena daya sedot rata-rata yang yang mampu digunakan hanya pada sumur yang dangkal dengan kedalaman maksimal sekitar 9 meter, dan untuk daya dorong yang dapat digunakan sekitar kedalaman maksimal 7 meter saja. 

 

(Gambar pompa air sumur dangkal, sumber foto: www.id.sharp)

2. Pompa Air Sumur Dalam

Jenis pompa kedua adalah pompa air sumur dalam, jadi dibanding dengan pompa air sumur dangkal pompa ini memiliki kedalaman maksimal yang lebih dalam. Untuk pompa ini memiliki 2 tipe yaitu semi jet pump dan jet pum, perbedaanya terletak pada daya sedot dan daya dorong dari kedua jenis tersebut. Jika jenis semi jet pump dapat digunakan untuk sumur kedalaman 11 meter, jenis jet pump dapat digunakan untuk kedalaman sumur maksimal 20 meter. 

(Gambar pompa air sumur dangkal, sumber foto:blog.indonetwork.co.id)

Dengan itu sangat diperlukan pengukuran kedalaman sumur agar mengetahui pompa air sumur mana yang sesuai dengan sumur yang kita gunakan, pemilihan pompa air yang sesuai pastinya juga dapat lebih efisien dalam penggunaan.

 

3. Pompa Air Diesel

Beralih dari pompa air sumur yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari, pompa air yang satu ini sering disebut sebagai pompa air diesel. Jenis pompa ini lebih banyak digunakan untuk keperluan pertanian atau perkebunan, maupun pekerjaan lainnya yang memerlukan penghisapan air dari debit air yang besar seperti pekerjaan konstruksi maupun pekerjaan jembatan.

(Pompa Air POJATEK)

Karena menggunakan mesin sebagai penggerak, pompa air ini menggunakan bahan bakar bensin ataupun solar untuk digunakan, tergantung jenis mesin, juga jenis pompa air diesel ini memiliki daya sedot yang sangat beragam dan mendukung kebutuhan industri, jadi sangat cocok untuk berbagai jenis pekerjaan. Pompa air jenis ini mendukung juga berbagai ukuran selang sesuai kebutuhan

 

Tonton juga : Cara Menggunakan Pompa Air

https://www.youtube.com/watch?v=-Z6QAli56eo

4. Pompa Celup

Jenis pompa yang selanjutnya adalah pompa air celup, untuk jenis pompa ini pastinya sudah tidak asing lagi karena sering digunakan pada aquarium yang berfungsi untuk mengalirkan air dan menyalurkan air ke tangki penyaringan (filter) dengan itu kotoran dan sisa yang tertinggal akan disaring oleh filter yang membuat aquarium dapat terus bersih. 

(Pompa celup, sumber foto: ebay.com)

Dan untuk cara menggunakan pompa ini dengan menyelupkan/memasukan pompa kedalam air lalu tinggal kita hidupkan saja dengan menyambungkan kelistrik. Untuk pompa air celup ini, kebanyakan memang memiliki daya sedot dan daya dorong yang cukup kecil.


5. Pompa Air Booster

Jenis pompa yang terakhir adalah pompa air booster merupakan pompa air yang penggunaanya berbeda dari yang lainya. Pompa ini tidak memiliki daya hidap dan umumnya hanya digunakan sebagai pendorong air saja, jadi pemasanganya juga harus berada didalam air sehingga kebanyakan pompa air ini dipasang ditengah instalasi air.

(Gambar pompa air booster, sumber foto: rumah123.com)

Itu tadi 5 jenis pompa air yang memiliki kegunaan masing masing sesuai dengan jenisnya, pastikan selalu mengecek pompa air mana yang cocok digunakan untuk pekerjaan. Dan untuk mengetahui kedalaman dapat diukur sebelum menggunakan pompa air agar proses pemompaan dapat dilakukan secara maksimal. 

Dan setiap jenis pompa air memiliki kapasitas yang berbeda, lebih besar kapasitas pompa air daya hisap dan daya dorongnya juga akan lebih besar.

Semoga artikel ini dapat membantu kalian apabila bingung memilih pompa air yang sesuai, dan apabila kalian membutuhkan pompa air POJATEK menyewakan mesin pompa air diesel/alkon. Berikut daftar harga sewa pompa air di POJATEK :

Harga sewa pompa air POJATEK

(Harga sewa pompa air POJATEK)


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat. 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!

Sumber :

https://tehnikmesin.com/2020/05/jenis-jenis-pompa-air-dan-fungsinya.html

https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-pompa-air/



Comments

Popular posts from this blog

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA

KEUNTUNGAN SEWA KOMPRESOR DI POKOH JAYA TEKNIK

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng