Divider - Partisi Ruangan, Jenis-Jenis dan Variasi untuk Memaksimalkan Tata Ruang

Desain rumah, biasanya dibuat dalam perencanaan dengan bantuan arsitek dan para ahli, namun tidak jarang, seiring waktu pemakaian, ada kalanya kita ingin merubah kembali susunan desain ruangan. Baik untuk keperluan darurat seperti family gathering yang membutuhkan ruangan lebih luas, maupun untuk alasan estetika dan kenyamanan. 

(Ruangan dengan partisi sebagian)

Proses perombakan tentunya bisa makan biaya, waktu kerja, dan yang jelas tenaga untuk bongkar-pasang dan penyusunan ruangan. Pemasangan divider atau partisi atau sekat ruangan, adalah salah satu solusi terbaik untuk kondisi tersebut.

Partisi/penyekat memiliki fungsi sama dengan dinding yaitu sebagi pembatas ruangan untuk membedakan antar ruang, hanya saja pembatas ini tidak permanen, sehingga dapat lebih efisien dan fleksibel karena dapat dibongkar pasang. 

Ada 10 jenis partisi ruangan yang bisa dijadikan referensi untuk ruang kantor maupun rumah tinggal anda, yaitu:

1. Partisi Kayu

(Contoh gambar penyekat ruangan bahan kayu dengan kombinasi lemari, sumber : istockphoto.com)

Kayu, menjadi salah satu material yang paling umum digunakan sebagai penyekat ruangan. Memiliki warna coklat pada kayu memberikan kesan natural dan hangat pada ruangan. Material kayu pun bisa kalian kombinasikan dengan material lain sebagai sekat. Selain itu jenis bahan kayu juga bisa menjadi sekat ruangan dalam bentuk rak atau lemari, sehingga memberi tambahan ruang untuk penyimpanan.

 2. Bambu

(Contoh gambar penyekat bahan bambu, sumber: prointerior.info)

Berasal dari bahan organik, sama seperti kayu, bambu juga menciptakan kesan ruangan yang lebih natural, jadi apabila kalian bosan dengan penyekat berbahan kayu kalian dapat menggunakan bambu. Untuk bahan bambu terdapat berbagai macam bentuknya ada yang berbentuk bambu utuh yang dipotong sama tinggi dan digabungkan agar terlihat seperti asli, dan juga ada yang dibuat seperti anyaman. 

3. Kaca

Partisi yang terbuat dari kaca dapat membuat ruangan terlihat tidak memiliki sekat. Pertisi jenis dari kaca ini biasanya digunakan di kantor, agar ruangan tidak terkesan sempit meski banyak aktivitas karyawan. Namun tidak jarang juga berbagai rumah yang menggunakan pemisah ruangan dari kaca. 

(Contoh gambar penyekat bahan kaca dengan desain aquarium, Sumber : trendir.com)

Desain sekat dari kaca juga terdapat banyak varian. Salah satunya, sekat yang tampak seperti akuarium tanaman untuk menampilkan kesan natural pada ruangan dan berbentuk seperti pintu yang berbuat dari kaca, tapi pemilihan bahan kaca ini akan terlihat transparan jadi orang lain dapat melihat ruangan tersebut.

(Contoh gambar penyekat ruangan bahan kaca, Sumber : istockphoto.com)

4. Jenis Berbahan Kain

Penggunaan penyekat ruangan menggunakan kain atau juga dapat kalian sebut dengan tirai adalah solusi terbaik karena memiliki harga yang cukup murah dibanding dengan bahan lainya, penggunaan bahan kain juga lebih mudah dalam merubah ruangan karena sama seperti gorden yang dapat dibuka sesuai yang kita inginkan. Penggunakan bahan kain ini biasanya digunakan diarea ruang tamu dan kamar.

 

(Contoh gambar penyekat bahan kain, Sumber : 4 home decor)

5. Kertas

Jenis lainya adalah berbahan kertas, biasanya memerlukan bingkai dari kayu atau bambu yang kokoh sebagai dudukan kertas. Sekat yang terbuat dari kombinasi kayu dan kertas ini akan menampilkan kesal tradisional yang banyak digunakan dirumah rumah jepang. Partisi dari kertas memungkinkan ruangan untuk menerima cahaya matahari secara alami. 

(Contoh gambar penyekat bahan kertas dengan tambahan kayu, Sumber : istockphoto.com)

6. Gypsum

Jenis bahan gypsum adalah pilihan partisi terjangkau yang bisa kalian pilih juga, biasanya berbentuk papan gypsum (campuran antara gipsum dan bahan serat yang dipres) yang dibetuk menyerupai rak agar fungsional. Selain memiliki harga yang terjangkau, pemasangan gipsum juga mudah dan cepat, dan dapat memberi finishing beragam warna dan perawatannya juga mudah. Jenis partisi ini sebaiknya dibuat dengan berbagai pertimbangan yang tepat, agar tidak menimbulkan kesan ruangan yang terlalu penuh.

 

(Contoh gambar penyekat bahan gypsum dengan desain rak, Sumber : Pinterest)

7. Besi

(Contoh gambar partisi ruangan bahan besi, sumber: alibaba.com)

Partisi bahan besi sekarang sudah mulai banyak dimanfaatkan untuk memisahkan ruang namun dengan menyisakan transparansi agar tetap ada hubungan antar ruang. Untuk bentuk partisi besi sangat beragam dapat kalian pilih sesuai dengan keinginan kalian. Bahan besi biasanya digunkan di area dapur untuk memberikan nuasa open kitchen dan taman.

(Contoh gambar partisi ruangan bahan besi, sumber: alibaba.com)

8. Bata

Berbeda dengan partisi lainya yang bersifat temporer atau bisa dibongkar pasang sesuai keinginan, penyekat ruangan berbahan bata ini lebih bersifat permanen. Namun tidak menutup kemungkinan apabila ingin merenovasi dinding bata dapat dirobohkan tanpa merusak struktur bangunan utama. Kelebihan penyekat ruangan berbahan bata pastinya memiliki ketahan lebih dari goncangan, api dan dapat ditambahkan paku jika dibutuhkan.

 

(Contoh gambar pembatas ruangan bahan bata, sumber: interior design ideas)

9. Tanaman Gantung

Untuk kalian yang sangat menyukai tanaman bisa menambahkan sekat ruangan berupa tanaman gantung untuk partisi ruangan rumah, penggunaan tanaman ini dapat memiliki kesan yang natural dan membuat ruangan menjadi lebih hijau dan sejuk. Ruangan tamu bisa terlihat lebih asri dengan pilihan tanaman hias yang beragam.

(Contoh gambar penyekat dengan media tanaman, sumber: popbela.com)

Baca juga: Tanaman Indoor sebagai Hiasan Ruangan sekaligus Bermanfaat untuk Kesehatan

10.  Paralon Bekas

Untuk kalian yang memiliki kreatifitas yang tinggi kalian bisa menggunakan barang bekas yang berada dirumah kalian yang bisa kalian bentuk menjadi penyekat ruangan yang unik dan bermanfaat, contohnya seperti partisi dari paralon yang sudah tidak digunakan dan dipotong setelah itu disusun sedemikian rupa agar rumah mendapatkan fisual yang menarik.

(Contoh gambar partisi dengan bahan paralon bekas, sumber: Pinterest)

Kehadiran partisi atau divider, menambahkan fungsi dalam sebuah ruang, berikut adalah manfaat dari pemasangan partisi ruangan:

1.) Membedakan Ruang, sekat rumah berguna untuk memisahkan atau membatasi ruangan yang terdapat dirumah. Sebelum menerapkan pembatas ruangan, pertimbangkan dulu fungsi yang berbeda dari setiap ruangan yang akan diberi pembatas. 

(Partisi ruang tamu dengan lobby)

2.) Menambahkan dekorasi dan hiasan, karena memiliki bentuk yang berbeda dengan dinding rumah biasa, penambahan sekat ruangan yang kalian desain dengan lebih menawan akan menambah fungsinya yang tak lagi hanya sekedar pembatas ruangan saja, namun juga bisa dijadikan sebagai elemen dekoratif interior rumah.

3.) Menambah ruang privasi, Karena aktivitas dalam sebuah ruangan tentunya berbeda beda penambahan pembatas ruangan juga akan menambah ruang privasi kepada anggota keluarga.

(Partisi ruangan dengan bahan kayu kombinasi dengan logam)

4.) Multifungsi dan Fleksibel, pemilihan pembatas ruangan yang berbentuk rak atau lemari yang dapat menyimpan barang didalam rak tersebut, semisal lemari kecil yang memisahkan ruang makan dengan ruang tamu, yang juga dapat dipakai sebagai rak penyimpanan alat makan. Selain multifungsi, sekat semacam ini juga fleksibel karena bisa digunakan dengan perabotan yang ada dan bisa dipindahkan ke spot yang berbeda.

Pastikan kalian menentukan partisi sesuai dengan keadaan rumah kalian, jika memiliki rumah yang tidak terlalu luas kalian bisa menggunakan penyekat dengan desain rak atau lemari karena selain sebagai penyekat kalian bisa meletakan barang jadi memaksimalkan sebagai area penyimpanan.


Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) menyewakan berbagai macam alat-alat teknik dan konstruksi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan anda, dengan perfoma yang baik dan harga yang terjangkau. Kunjungi kami di www.pokohjayateknik.com atau ikuti media sosial kami di FacebookTwitterInstagram dengan nama “Pokoh Jaya Teknik” untuk informasi - informasi menarik lainnya terkait diskon harga dan promosi atau Google Map “Pokoh Jaya Teknik” untuk mengunjungi kami di lokasi. Hubungi 085643366644 untuk informasi lebih lanjut dengan response yang lebih cepat.

 

Pokoh Jaya Teknik (POJATEK) – Help Your Works!


Sumber: elshinta.com - 99.co/id


Comments

Popular Posts

Segregasi pada Beton Cor : Jenis, Penyebab Segregasi dan Solusi

Persewaan Concrete Cutter / Pemotong Aspal / Pemotong Beton area DIY Jateng

PERSEWAAN MESIN PEMOTONG RUMPUT YOGYAKARTA